Terungkap! Inilah Penyebab Motor Susah Pindah Gigi

Terungkap! Inilah Penyebab Motor Susah Pindah Gigi

Hallo sobat teknohits kali ini mimin akan mencoba membahas dunia otomotif yang mungkin sangat jarang mimin bahas. namun pada artikel kali ini mimin akan kasih info untuk kamu yang baru membeli motor bekas tapi mempunyai masalah pada giginya.

Tips beli motor bekas kali ini akan membahas apa sih penyebab motor kopling manual terasa susah pindah gigi saat dikendarai. Masalah motor kopling manual susah pindah gigi ini tentunya akan merepotkan dan dapat berbahaya saat kamu sedang diperjalanan.

Bila motor kamu mengalami hal tersebut, kemungkinan besar penyebabnya yaitu terdapat masalah di bagian transmisi motor. Penyebabnya dapat cuma karena setelan kopling terlalu jauh. Dan kamu harus memastikan jarak main bebas tuas kopling tidak melebihi dari 20 mm.

Karena jika tuas kopling terlalu jauh, gigi transmisi jadi sulit pindah akibat kopling belum terlepas dengan sempurna. Jika setelan tuas kopling sudah pas namun motor masih mengalami susah pindah gigi, maka perlu pengecekan lebih lanjut.

Jika motor sudah berumur atau tercatat punya jarak tempuh tinggi, mungkin kampas dan plat kopling sudah tipis. Perlu diperiksa untuk memastikan,” lengkapnya. Selain itu, dapat juga disebabkan komponen penekan kampas kopling atau per stut kopling yang lemah.

Memang untuk mengetahui sebab pastinya harus dicek satu persatu-satu dan dilakukan pembongkaran. Jika motor kalian mengalami masalah tadi sebaiknya dicek langsung ke bengkel. Jangan tunggu kerusakan semakin parah, itu tadi beberapa penyebab motor kopling manual susah pindah gigi.