Apakah Fungsi Surat Keterangan Kerja? Perhatikan ini

Apakah fungsi surat keterangan kerja atau bisa disebut surat paklaring mungkin menjadi hal yang sering ditanyakan oleh karyawan yang baru saja bekerja. Biasanya, surat paklaring ini dipergunakan pegawai yang melakukan resign serta memerlukan sebuah keterangan atau referensi yang berasal dari PT.

Surat ini biasanya dikeluarkan oleh bagian HRD, dan menjadi bukti jika pegawai sudah pernah menjadi bagian dari PT yang bersangkutan dalam beberapa waktu tertentu. Di dalam surat tersebut juga terdapat posisi terakhir serta rentang waktu yang bersangkutan bekerja.

Selain itu, di dalam surat biasanya juga berisi mengenai data-data umum karyawan serta keterangan peforma dan sikap yang dimilikinya dengan ringkas selama menjadi bagian dari PT sebelumnya maupun PT yang mengeluarkan surat tersebut. Surat ini juga memiliki kegunaan sebagai bukti resmi bila karyawan memang bekerja di PT tersebut.

Pada dasarnya, surat ini tidak terbatas untuk melamar kerja, tetapi juga dipergunakan untuk hal-hal lainnya. Bahkan, surat ini juga dipergunakan pendatang yang akan mengurus dokumen resmi pada instansi terkait. Berikut berbagai informasi yang berkaitan dengan surat paklaring, termasuk apakah fungsi surat keterangan kerja.

Isi Surat Paklaring yang Harus Ada

Surat Keterangan Kerja
Sumber gambar: mengajar.co

Sebenarnya, surat paklaring ini berisi berbagai macam informasi seperti sudah pernah bekerja sebagai karyawan dan PT bersangkutan. Selain itu kamu juga melakukan jobdesc yang sesuai dengan tuntutan perusahaan. Surat ini juga berisi mengenai lama hubungan antara kamu dan perusahaan.

Di beberapa surat, perusahaan juga menuliskan perilaku karyawan melakukan pekerjaannya, penyebab berakhirnya hubungan pekerjaan antara PT dengan karyawan serta memberikan ucapan terimakasih pada karyawan atas kontribusi yang dilakukannya selama bekerja di perusahaan tersebut.

Surat paklaring sudah pasti berbeda dengan surat PHK. Jika surat PHK, surat ini merupakan surat yang wajib diberi perusahaan ketika melakukan PHK pegawai, namun surat paklaring tidak selalu diberikan perusahaan. Biasanya jika ada karyawan yang mengajukan permintaan, surat ini akan diberikan, apalagi sudah memberi kontribusi untuk kemajuan PT.

VIRAL :  Lupa Password? Cara Mudah Ganti Kata Sandi Instagram

Apakah fungsi surat keterangan kerja tentu saja sangat penting, oleh sebab itu, bila tidak lagi bekerja di PT tersebut, pastikan kamu meminta surat keterangan bekerja. Selain itu pastikan keterangan surat sesuai dengan kejadian yang sebenar-benarnya, karena hal tersebut penting untuk mengajukan pekerjaan di PT lain.

Sebenarnya, selama surat tersebut memiliki kop perusahaan, memiliki tanda tangan serta cap yang sah dari sebuah PT, surat tersebut sudah dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan. Namun tetap saja kamu harus meneliti kembali apakah keterangan yang berada di sana benar-benar sesuai.

Cara Memperoleh Surat Keterangan Paklaring

Surat Keterangan Kerja
Sumber gambar: contoh surat

Sebelum mengenal apakah fungsi surat keterangan kerja, banyak pegawai baru yang masih bingung cara untuk memperoleh surat keterangan bekerja. Sebenarnya, untuk memperoleh surat keterangan bekerja ini sangat mudah, kamu dapat meminta surat pada bagian personalia terkait, ketika sudah meminta surat, biasanya akan langsung dibuat sekretaris perusahaan.

Ketika meminta surat paklaring ini, kamu tidak perlu takut atau sungkan, karena pemberian surat ini sudah menjadi hak kamu sebagai pegawai. Selain itu tidak sedikit PT yang mempunyai aturan untuk membagi surat paklaring pada pegawai setelah berhenti bekerja di PT tersebut.

Tetapi, biasanya format surat paklaring antara satu perusahaan dengan perusahaan yang lainnya sedikit berbeda. Contohnya surat paklaring dari perusahaan perbankan, mungkin akan sedikit berbeda dengan surat paklaring yang berasal dari industri kreatif.

Walaupun demikian, apakah fungsi surat keterangan kerja tersebut sama? Tentu saja sama, sehingga surat yang kamu pegang ini nantinya bisa dipergunakan sebagai jalan pengurusan berbagai macam dokumen atau keperluan penting. Keperluan tersebut bukan hanya untuk melamar pekerjaan baru saja.

Fungsi Surat Paklaring Ternyata Sangat Banyak

Surat Keterangan Kerja
Sumber gambar: contoh surat

Kebanyakan pegawai beranggapan jika surat paklaring hanya dibutuhkan untuk melamar pekerjaan di PT baru, dengan surat ini meyakinkan PT baru untuk merekrut kita menjadi karyawan memang bisa lebih mulus. Namun, surat paklaring ternyata bukan hanya untuk hal tersebut saja. Berikut fungsinya:

  1. Mencari pekerjaan baru. Mencari pekerjaan baru memag menjadi fungsi utama. Surat keterangan ini berguna untuk memberi catatan karir yang kamu miliki. Jangan salah, setiap pencapaian yang sudah kamu peroleh dari PT tempatmu bekerja sebelumnya bisa membantu untuk mengetahui sejauh mana pencapaian karirmu.
VIRAL :  Inilah Perbedaan Meteor dan Meteorit?

 

Surat paklaring menjadi catatan penting untuk melihat perkembangan karir. Sehingga di dalam daftar riwayat hidup yang kamu buat untuk melamar sebuah pekerjaan, bukan hanya tertulis sekedar pengalamanmu saja, namun juga terdapat bukti nyatanya.

  1. Syarat ketika ingin menarik dana BPJS Ketenagakerjaan. Ketika kamu ingin menarik dana atau mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan, kamu harus memberikan berkas surat paklaring. Biasanya, pihak BPJS Ketenagakerjaan meminta surat paklaring yang telah dilegalisir oleh perusahaan.

Berkas yang dikumpulkan adalah foto copyannya, sehingga bukan merupakan surat asli. Jika sudah menambahkan surat tersebut, nantinya kamu dapat mencairkan dana kurang lebih 10 hingga 30 persen dana BPJS Ketenagakerjaan, meskipun kamu masih bekerja di dalam PT tersebut sebagai karyawan. Apakah fungsi surat keterangan kerja cukup sampai di sini? Tidak.

  1. Meminjam uang ke pihak bank. Jika kamu ingin meminjam dana atau uang dari bank, kamu juga memerlukan surat keterangan ini. Surat tersebut digunakan sebagai syarat persetujuan bank. Pinjaman tertentu memerlukan keterangan jika kamu menjadi bagian perusahaan tempat bekerja dengan posisi strategis.

Nantinya bank akan mempertimbangkan apakah kamu benar-benar bisa membayar pinjaman dengan bekerja di posisi tersebut. Biasanya, bank memintamu untuk melengkapi surat ini sebagai syarat pemohon yang ingin mengajukan pinjaman. Pinjaman bukan hanya dana, namun juga bisa kredit mobil atau motor. apakah fungsi surat keterangan kerja ini memang penting.

  1. Mengajukan beasiswa. Beasiswa yang diperoleh dari jalur profesional memerlukan surat paklaring sah serta sudah dilegalisir oleh perusahaan. Surat ini memang menjadi syarat yang harus dipenuhi jika melakukan pendaftaran beasiswa melalui jalur profesional. Biasanya, beasiswa ini diberikan oleh pemerintah atau swasta.

Memperoleh Surat Paklaring Ada Syaratnya

Setelah mengenal apakah fungsi surat keterangan kerja, hal lain yang tidak boleh dilupakan ialah syarat pembuatan surat ini. Sebelum menerbitkan surat keterangan ini, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh sang karyawan, syarat inilah yang menjadi acuan untuk perusahaan agar bisa menerbitkannya.

  1. Mengundurkan diri dengan baik-baik. Karyawan yang resign bisa memperoleh surat keterangan ini, syarat mutlak yang harus dimiliki ialah mengundurkan diri secara baik-baik. seperti yang sudah disampaikan, surat keterangan ini berfungsi sebagai rekomendasi atau referensi dari perusahaan sebelumnya. Oleh sebab itu bila mengundurkan diri tidak secara baik-baik, tentu saja tidak bisa meminta rekomendasi.
  2. Bekerja minimal 1 tahun. Bekerja minimal satu tahun juga menjadi syarat memperoleh surat paklaring. Bila belum bekerja selama 1 tahun, karyawan dianggap belum matang untuk menjalankan kinerjanya. Bukan hanya itu, surat keterangan ini juga berkaitan erat dengan etika menjalankan karier.
VIRAL :  Nonton One-Punch Man Season 1 & 2 | Petualangan Pahlawan Kocak!

Jika melihat fungsi yang dimiliki oleh surat ini, tentu saja jenis surat ini mampu memberikan berbagai macam kemudahan untuk karyawan ketika memutuskan untuk keluar dan memperoleh pekerjaan lain, mempunyai dokumen ini bahkan juga bisa membantu pekerja memperoleh haknya, jadi kenali apakah fungsi surat keterangan kerja dengan baik.