5 Langkah mudah merekam layar komputer via PowerPoint

Hallo guys. Apakah kamu tahu PowerPoint? Ya. Microsoft power point merupakan sebuah program yang sering digunakan para pengguna membuat file untuk mempresentasikan tugas, pekerjaan atau kebutuhan lainnya. Akan tetapi apakah kamu tahu sob, ternyata aplikasi Microsoft PowerPoint ini bisa kamu gunakan untuk merekam layar pada perangkat komputer kamu lho. Enggak percaya?

Merekam presentasi PowerPoint dapat sangat membantu kamu untuk memperdalam materi presentasi yang disampaikan. Kerennya lagi, kamu pula dapat merekam layar komputermu ketika kamu membuat presentasi how-to bekerja atau memasak sekalipun.

Bahkan kamu pula dapat merekam sesi permainan game-mu dengan teman-teman.Tanpa panjang lebar lagi, ini 5 langkah mudah yang dapat kamu tiru untuk merekam layar komputer menggunakan aplikasi PowerPoint.

1. Siapkan file PowerPoint yang sudah terbuka, kamu lalu dapat mengklik tab Insert pada bilah menu diikuti oleh tombol Screen Recording yang ada pada panel Media di paling kanan.

2. Setelah itu, layar komputer kamu akan meredup putih dan menampilkan bilah alat di sepanjang tepi tengah atas. Klik tombol Select Area dan kamu pakau mouse untuk menggambar kotak di sekitar area yang ingin kamu rekam.

Terdapat area target lalu kamu gariskan dengan garis putus-putus merah dan tanpa transparansi putih. Atau, tekan tombol Windows + Shift + F secara bersamaan untuk merekam layar secara keseluruhan.

3. Selanjutnya kamu klik tombol Record atau tekan tombol Windows + Shift + R secara bersamaan.

4. Kamu dapat mengklik tombol Pause (ini menggantikan tombol Record) untuk menghentikan perekaman sesuai kebutuhan. Klik tombol Stop yang berbentuk persegi untuk mengakhiri rekaman.

5. Untuk menyimpan rekaman, kamu klik kanan pada video yang ditampilkan dalam PowerPoint dan pilih opsi Save Media As pada menu pop-up. Ikuti petunjuk di layar untuk menyimpan rekamanmu. Tapi Perlu tahu, untuk dapat merekam layar komputer dengan PowerPoint, kamu perlu perangkat lunak desktop Microsoft agar ini berfungsi, dan berlangganan Microsoft 365.