Awas! Whatsapp Tiba tiba Logout? Begini Akibatnya

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi pesan singkat paling banyak digunakan saat ini, karena kepopuleran tersebut whatsapp kerap kali dilakukan sebagai alat kejahatan atau pemerasan. Saat ini ramai berkembang aplikasi dan cara menyadap WhatsApp. meski berbagai alasan menyadap WhatsApp mungkin enggak dibenarkan secara etika maupun hukum tetap saja apliaksi sadap WA ini banyak dicari.

Meretas WhatsApp orang lain secara hukum maupun moral, merupakan sebuah tindakan yang sangat tak terpuji karena sama artinya dengan melanggar privasi orang lain. Korban yang diretas akun WhatsApp-nya seringkali tak menyadari. padahal ada ciri-ciri tertentu WhatsApp disadap atau dibajak orang lain.

Supaya kamu tidak jadi korban, simak dibawah ini adalah ciri-ciri WhatsApp sedang disadap atau dibajak oleh orang lain?

1. Ada pesan terkirim tanpa diketahui

Ciri-ciri WhatsApp disadap orang lain yang pertama yaitu terdapat pesan yang terkirim tanpa diketahui. saat pengguna menyadari jika bukan dirinya yang membuat dan mengirim pesan tersebut, menurut Nurcahya, dapat dipastikan bahwa WA sedang dibajak orang lain.

2. Aplikasi asing

Terdapat aplikasi asing terpasang di smartphone Keberadaan aplikasi tak dikenal yang terpasang di smartphone patut untuk diwaspadai.

3. WhatsApp tiba-tiba logout

saat WA keluar sendiri atau tiba-tiba logout bisa jadi sebuah tanda jika aplikasi itu sedang dibajak dan telah dipindahkan ke perangkat lain. hal tersebut umumnya terjadi sebab One Time Password (OTP) telah diberikan atau diketahui kepada pihak lain.

Ia pula tambahkan, jika satu akun WA cuma dapat digunakan di satu perangkat. Bila mau dipindahkan, perlu memasukkan OTP yang dikirimkan ke nomor pengguna. “Bila terdapat yang berusaha memasukkan nomor kamu ke dalam sebuah perangkat baru, dan mempunyai sebuah akses ke nomor telepon akun kamu, maka sepenuhnya percakapan WhatsApp kamu akan berpindah ke perangkat baru yang dimiliki orang yang tidak bertanggung jawab tersebut,” terangnya.

4. Ada riwayat WhatsApp Web di perangkat tidak dikenal

Penggunaan WhatsApp Web pada web browser akan meninggalkan jejak riwayat pada laman WA Web. cara melihatnya, klik logo tiga titik di pojok kanan atas kemudian pilih WA Web. Bila terdapat akses dari browser yang tidak dikenal, dapat menjadi peretas memakai cara ini untuk menyadap WA korban.

5. Pesan terbaca padahal belum pernah dibuka

Bila pengguna WA belum membaca suatu pesan namun notifikasi pesan diterima sudah hilang, dapat menjadi ada orang lain yang membajak WhatsApp-nya. bila setiap pesan yang masuk telah dibaca padahal belum dibuka sama sekali, dapat jadi hal itu dilakukan oleh pembajak.

Segera Laporkan

Bila kamu menyadari akun WhatsApp tiba-tiba dibobol, segera laporkan supaya terhindar dari hal-hal yang tidak baik. Sebab akun WhatsApp yang dibobol seringkali dipakai untuk melakukan penipuan dan kriminalitas online lainnya. oleh sebab itu, kamu kudu segera melaporkan akun WhatsApp yang dibobol dan diambil alih.