Tips Kurangi Efek Radiasi Smartphone Untuk Ibu Hamil

Tips Kurangi Efek Radiasi Smartphone Untuk Ibu Hamil

Tahukah kamu ternyata smartphone yang setiap hari kita pakai dapat memancarkan radiasi elektromagnetik yang merupakan sebuah bentuk radiasi berbahaya. Dan untuk ibu hamil efek radia ini bisa berbahaya bagi kesehatan janin, namun kamu jangan terlalu khawatir karena teknohits bakal membagikan sebuah cara untuk meminimalisir radiasi untuk ibu hamil.

Sekedar info, jika kamu menggunakan smartphone secara terus menerus saat sedang mengandung itu sangat berbahaya karena radiasi dalam ponsel tentunya dapat membuat ibu hamil terkena penyerapan radiasi yang lebih besar. Hal ini tentu saja dapat mengganggu aktivitas otak dan memengaruhi pola tidur Bunda, menyebabkan kelelahan, atau berkontribusi pada penurunan memori.

 

Ponsel juga biasanya dinilai berdasarkan frekuensi radiasi yang dipancarkan. Peringkat ini dikenal sebagai SAR (spesific absorption rate) yang memberi tahu tentang jumlah radiasi yang dapat diserap tubuh saat menggunakannya, seperti dikutip dari laman Baby Center. Demikian pula dengan anggapan bahwa bayi dari ibu yang sewaktu hamil sering menggunakan ponsel bisa memiliki masalah perilaku dan sindrom hiperaktif, serta kemungkinan mengembangkan kanker pada masa kanak-kanak, ini masih lemah.

 

Lalu, bagaimana cara mengurangi efek radiasi dari ponsel? Profesor Obstetri dan Ginekologi, Regan menyarankan, ibu hamil hanya menggunakan telepon ketika sinyal kuat. Lesley Regan, Profesor Obstetri dan Ginekologi, dalam Your Pregnancy Week by Week, menyebutkan bahwa jumlah energi yang dipancarkan ponsel bergantung pada seberapa kuat sinyalnya.

“Semakin kuat sinyal, semakin sedikit energi yang dibutuhkan ponsel Anda untuk berfungsi dan semakin rendah nilai SAR,” kata Regan.

SAR (spesific absorption rate) adalah peringkat frekuensi radiasi yang dipancarkan. Jadi Semakin tinggi nilai SAR ponsel, maka semakin banyak radiasi yang diserap oleh tubuh.