Tahukah Kamu Apa Perbedaan RAM & ROM? Begini Penjelasan nya

Hallo sobat teknohits dimanapun kamu berada kaki ini mimin akan memberikan informasi penting nih untuk kamu yang ingin membeli sebuah perangkat baru karena sebelum kamu melakukan hal tersebut kamu harus paham terlebih dahulu perbedaan RAM dan ROM.

Untuk kamu yang telah lama berkecimpung di dunia teknologi, kedua istilah itu tentu saja bukan hal yang aneh lagi. Akan tetapi, untuk orang awam mungkin akan berbeda, bahkan mungkin belum pernah mendengar istilah tersebut.

RAM dan ROM merupakan suatu jenis memori yang dipakai dalam perangkat-perangkat bersistem, adalah perangkat yang bisa lakukan sebuah proses komputasi, misalnya seperti komputer dan ponsel. Lalu memori manakah yang paling penting?

Kedua memori ini sama pentingnya, karena mempunyai sebuah fungsi fungsi dan kemapuan yang berbeda dalam bantu perangkat bekerja. Perangkat bersistem, misalnya ponsel pintar yang sedang jadi primadona di pasar teknologi informasi, biaa bekerja jika memiliki kedua memori tersebut.

Apa itu RAM?

RAM atau Random Access Memory adalah sebutan memori perangkat komputasi yang mempunyai sebuah kemampuan menyimpan data-data yang bisa diakses secara acak tanpa mempedulikan urutan letak data tersebut.

Memori tersebut adalah media penyimpanan yang bisa dipakai menyimpan data secara real-time saat CPU (Unit Pemroses) jalankan aplikasi atau program di komputer atau ponsel. Saat aplikasi atau program berjalan, informasi berubah secara aktif sehingga dibutuhkan RAM untuk menyimpannya.

RAM merupakan sebuah media yang bekerja sebagai memori utama pada perangkat, meski pada beberapa kasus bisa dipakai sebagai memori sekunder. Dan untuk menunjang kemampuan hal tersebut, RAM umumnyq dikembangkan agar dapat dibaca ataupun ditulis.

Apa itu ROM?

Berbeda dengan RAM, ROM mempunyai kepanjangan dari kata Read-only Memory, yang berarti memori yang hanya dapat dibaca oleh perangkat komputer atau ponsel. Seperti namanya, memori perangkat jenis ini adalah sebuah memori permanen, dimana kamu enggak bisa menulis data dengan mudah di dalamnya, akan tetapi kamu bisa membacanya dengan mudah.

Memori permanen ini pula bisa menyimpan data yang lebih lama, karena data-data yang tersimpan dalam ROM enggak bisa hilang meski perangkat enggak dialiri daya listrik. Dengan kemampuan ini, ROM umumnya dipakai untuk menyimpan firmware atau BIOS.

Beda RAM dan ROM

Butuh daya listrik untuk tetap menyimpan data Dapat menyimpan data meskipun tidak ada daya listrik

Mudah untuk dibaca dan ditulis Sudah ditulis, mudah dibaca

Berjalan secara real-time Biasanya sekali tulis dengan update beberapa kali

Memori Volatil Memori non-volatil