Cara Akses Call Center Air Asia Indonesia Secara Online

Semenjak tahun 2019 lalu, pihak maskapai penerbangan ini mulai merubah sistem call center Air Asia Indonesia yang tadinya manual dan membutuhkan staf dalam pelayanannya menjadi sistem serba online dan terpusat. Hal ini dilakukan antara lain agar para pelanggan Air Asia semakin mudah menghubungi pihak maskapai.

Awalnya memang sistem call center yang disediakan oleh maskapai ini hanya melalui telepon secara manual yang akan ditangani oleh staf. Mungkin di satu sisi hal ini akan lebih memperjelas solusi yang diharapkan oleh pelanggan terkait berbagai kendala yang dihadapinya. Sayangnya, terdapat keterbatasan waktu dan sumber daya.

Call center Air Asia Indonesia yang masih menggunakan sistem manual ini hanya bisa diakses melalui satu pintu yang dibuka setiap hari namun hanya dalam waktu 06.00 hingga pukul 22.00 saja. Sehingga, dalam hal ini pelanggan tidak bisa setiap saat menghubungi pihak maskapai jika terjadi sesuatu.

Layanan Air Asia saat ini dialihkan semua kepada sistem AVA live chat online yang bisa diakses dimana pun serta kapan pun kamu mau. Dengan disertai artificial intelligence, sistem ini dapat beroperasi secara otomatis, dan dapat menjawab pertanyaan kamu dengan memuaskan jika sesuai dengan pertanyaan umum.

Ada pun beberapa jenis live chat yang disediakan oleh pihak maskapai Air Asia ini antara lain adalah live chat yang bisa diakses melalui sosial media twitter, melalui Facebook, melalui aplikasi seluler, maupun melalui aplikasi pengirim pesan Whatsapp. Berikut ini adalah ulasan lengkap masing-masing live chat.

Menghubungi Maskapai Melalui Facebook Messenger

Ketahui Peralihan Call Center Air Asia untuk Mengatasi Keluhan
Sumber gambar: tiket2

Salah satu media sosial yang cukup dan masih populer bahkan di kalangan anak muda saat ini adalah Facebook. Aplikasi ini menjadi salah satu media sosial yang dapat memberikan banyak informasi. Melalui Facebook, penggunanya pun dapat bertukar pesan melalui fitur Facebook Messenger, yang tentunya ini mudah digunakan.

Dalam meningkatkan layanan kemudahan untuk pelanggannya, Maskapai Air Asia memanfaatkan media sosial ini untuk dapat menampung saran dan kritik dari pelanggannya secara online. Pihak maskapai mengganti call center Air Asia Indonesia manual dengan penggunaan chatbot di akun resmi Air Asia di halaman Facebook.

Kamu bisa masuk ke halaman resmi maskapai, lalu klik bagian messenger dan kamu bisa langsung menghubungi pihak Air Asia dengan mudah. Namun, perlu kamu ketahui kalau Facebook Messenger hanya menggunakan chatbot dan tidak berhubungan langsung dengan staf Air Asia yang bisa menjawab pertanyaan dengan detail.

Meski demikan, kamu tetap bisa mengajukan pertanyaan terkait berbagai masalah dan kendala yang dialami melalui Facebook Messenger ini selama pertanyaan kamu masih bersifat general dan tidak terlalu detail. Sebab, chatbot Facebook Messenger ini hanya dapat memberikan jawaban sederhana untuk kamu sebagai pelanggan maskapai yang bertanya.

Layanan Lebih Mudah Lewat AVA Live Chat Air Asia

Ketahui Peralihan Call Center Air Asia untuk Mengatasi Keluhan
Sumber gambar: zd net

Call center Air Asia Indonesia tidak hanya dialihkan kepada sosial media, namun juga melalui situs web resmi maskapai. Pihak maskapai juga memberikan sistem chatbot pada website resmi untuk memberikan layanan obrolan langsung dengan pelanggan. Pelanggan kini bisa dengan mudah menghubungi maskapai melalui sistem ini.

Perbedaan pada layanan chatbot AVA dengan Facebook Messenger cukup signifikan. Sistem live chat dalam website resmi ini diciptakan tim IT Air Asia secara khusus, sehingga meskipun berupa chatbot, obrolan langsung ini bisa menanggapi serta menjawab berbagai pertanyaan yang lebih kompleks.

Sebab itulah, para pelanggan maskapai Air Asia disarankan untuk lebih menggunakan AVA live chat untuk berbagai pertanyaan yang cukup detail jawabannya. Peralihan call center Air Asia Indonesia manual terhadap sistem online ini sangat membantu pelanggan untuk mendapatkan informasi secara 24 jam setiap hari.

Untuk menggunakannya sangat mudah. Kamu kunjungi saja situs website resmi maskapai Air Asia. Setelah itu, temukan ikon live chat pada sebelah pojok kiri bagian bawah pada halaman tersebut. Website ini dapat kamu akses melalui mobile maupun desktop. Kamu juga bisa mengunduh aplikasi seluler resminya.

Peralihan Call Center Air Asia Indonesia Melalui Akun Twitter

Ketahui Peralihan Call Center Air Asia untuk Mengatasi Keluhan
Sumber gambar: tiket2

Selain menggunakan layanan obrolan langsung AVA yang dapat diakses pada website resmi, maupun Facebook Messenger, kamu juga bisa menghubungi pihak maskapai melalui akun resmi Twitter Air Asia. Twitter menjadi media sosial yang cukup banyak digunakan pengguna dari segala kalangan. Untuk itu, metode ini lebih mudah.

Untuk melakukan komunikasi melalui Twitter ini tidak berbentuk live chat seperti pada Facebook Messenger atau pada website resmi, sebab Twitter tidak memiliki fitur chat tersebut. Namun, kamu tidak perlu bingung untuk melakukan komunikasi melalui media sosial ini. Hal yang perlu kamu lakukan cukup mudah.

Kamu hanya perlu mengirimkan pesan langsung maupun direct message kepada akun Twitter resmi Air Asia di @AVA_airasia. Selain itu, kamu juga bisa menyebutkan akun tersebut pada postingan yang kamu tweet agar mendapat jawaban. Kelebihan sistem ini adalah melibatkan langsung staf dari maskapai Air Asia.

Artinya, pertanyaan kamu bisa terjawab secara maksimal dan detail. Setelah kamu sudah mengajukan pertanyaan melalui cara tadi, pihak maskapai akan menghubungi kembali. Kamu bisa mendapatkan jawaban langsung maupun dialihkan melalui call center Air Asia Indonesia berupa AVA chatbot selama permasalahan yang ditanyakan tidak terlalu berat.

Merasakan Kemudahan Obrolan Langsung Melalui Aplikasi Whatsapp

Layanan live chat yang disediakan pihak maskapai Air Asia semakin hari semakin canggih dan memanjakan pelanggan. Salah satu kemudahannya, kamu sekarang bisa menghubungi Air Asia hanya melalui aplikasi pesan singkat whatsapp. Dukungan whatsapp untuk live chat Air Asia diberikan pada Juni 2021 lalu.

Sebagai aplikasi pengiriman pesan singkat yang populer sekali dan digunakan hampir seluruh dunia, tentu adanya layanan obrolan langsung melalui whatsapp ini menjadi poin plus bagi Air Asia sendiri. Disini, kamu akan terhubung dengan asisten virtual atau pun dengan tim pendukung dari Maskapai Air Asia.

Sayangnya, untuk bisa berhubungan langsung bersama tim pendukung akan membutuhkan waktu cenderung lama. Namun dalam penggunaan live chat pada whatsapp ini caranya sangat mudah bahkan paling mudah dibandingkan dengan metode lainnya. Kamu hanya perlu mengakses aplikasi ini baik melalui komputer maupun ponsel, lalu buka obrolan.

Setelahnya, kamu klik kontak baru dan masukan nomor call center Air Asia Indonesia pada whatsapp dengan nomor +601135165078 dan ketik apapun untuk memulai di chat room kamu. Nantinya, kamu akan menerima tanggapan dari chatbot pihak Air Asia, dan kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikutnya.

Melalui aplikasi whatsapp ini, kamu akan lebih mudah dan fleksibel dalam mengajukan berbagai pertanyaan terkait penerbangan serta maskapai. Biasanya, chatbot Air Asia akan memberikan opsi pertanyaan yang umum sebagai keyword untuk diajukan. Kamu tinggal balas dengan angka yang sesuai dengan daftar dari mereka.

Kini, seiring perkembangan teknologi, segala hal memang sangat memudahkan dan memanjakan pelanggan. Tidak terkecuali pihak Air Asia yang juga melakukan upgrade dalam segi layanan komunikasi. Meski call center Air Asia Indonesia yang manual sudah tidak diberlakukan, kamu tetap bisa berkomunikasi secara lebih fleksibel dan simpel.