Cara Cek Resi Tiki Tercepat dan Penyebab Kegagalannya

Cara Cek Resi Tiki Tercepat dan Penyebab Kegagalannya

TiKi adalah layanan ekspedisi yang tidak kalah populer dari JNE dan J&T. Di era belanja online seperti sekarang, TiKi menjadi salah satu jasa pengiriman favorit bagi banyak orang. Apakah Anda pelanggan setia? Kalau begitu coba deh simak beberapa cara cek resi Tiki berikut.

Dengan demikian, mudah bagi Anda mengetahui kapan estimasi barang sampai di rumah. Tidak perlu cemas posisi barang saat itu juga.

Cara Cek Resi Tiki Terbaru 2021

Cara Cek Resi Tiki Tercepat dan Penyebab Kegagalannya
Sumber gambar: cekresi

Anda bisa melacak barang yang dibeli dari marketplace kapanpun dan dimanapun. Tidak harus menggunakan laptop atau PC, bisa langsung dari ponsel. Baik itu melalui website  ataupun aplikasi di Google Play Store.

Mengecek Nomor Resi TiKi Lewat Website Resmi

Cara Cek Resi Tiki Tercepat dan Penyebab Kegagalannya
Sumber gambar: teknologi & infrastruktur
  • Pertama, kunjungi website https://www.tiki.id/id/tracking
  • Masukkan nomor resi di kolom yang tersedia (bisa cek sampai 20 resi sekaligus)
  • Klik button cek resi.
  • Klik tanda panah yang terletak di samping button.
  • Silahkan scrol ke bawah.
  • Proses selesai.

Lacak Resi TiKI Lewat Aplikasi Cek Resi dan Ongkos Kirim 

Nah, apabila Anda pedagang online yang setiap hari aktif melayani pesanan dari customer sebagaiknya menginstall aplikasi. Karena prosesnya lebih praktis dan cepat. Memudahkan Anda memberitahu paket customer secara akurat. Ini dia tutorial selengkapnya:

Unduh dan install aplikasi Cek Resi dan Ongkos Kirim di Play Store

Buka aplikasinya

Masukkan nomor resi TiKi Anda di kolom

Dibagian bawahnya, pilih ekspedisi TiKi

Langsung klik Cek Resi 

 

Penyebab Tidak Dapat Cek Resi TiKI

Cara Cek Resi Tiki Tercepat dan Penyebab Kegagalannya
Sumber gambar: tiki

Saat Anda melakukan cek resi namun gagal, sebaiknya jangan panik. Lakukan penanganan apabila sudah mengetahui penyebabnya. Biasanya hal ini berkaitan dengan koneksi jaringan yang tidak stabil sehingga membuat sistem gagal memuatnya. Berikut ini ulasannya:

  1. Tidak Real Time
VIRAL :  Tahukah Kamu, Kenapa Bintang Pada Malam Hari Selalu Berkedip Kedip?

Beberapa agen pengirim kecil, umumnya masih menggunakan cara manual terutama di wilayah pelosok yang m asuh belum terjangkau teknologi mumpuni. Saat menerima jenis ini, Anda harus benar-benar memastikan tidak ada kesalahan, karena meskipun berbeda 1 huruf akan beresiko.

Pengiriman jenis ini memerlukan kesabaran, karena Anda diharuskan menunggu resi diinput melalui komputer. Jika dalam jangka yang ditentukan belum mendapatkannya, silahkan lakukan konsultasi. Tjuanya agarbisa mendapatkan penanganan denan cept dantepat.

  1. Server Pihak Jasa Bermasalah

Kegagalan fungsi dari sistem sendiri bisa mengakibatkan kegagalan saat cek resi, oleh karena Anda tidak perlu terlalu panik. Cara penanganannya yaitu, lakukan proses secara berkala. Apabila tetap tidak bisa dalam jangka waktu 24 jam, maka lakukan konsultasi ke platform resmi TIKI.

Tujuannya untuk mendapatkan perbaikan agar dapat melakukan pengecekan kembali. Sebelumnya perhatikan apakah resi yang Anda dapatan terbukti benar serta asli, karena hal ini membawa dampak besar tidak boleh diremehkan karena bisa sebagai indikasi adanya penyelewengan.

  1. Nomor Resi yang Dikirimkan Salah

Kesalahan pada penulisan nomor resi senri sangat beresiko meskipun hanya satu hurup saja, karena setiap pengiriman memiliki identitas tersendiri. Oleh sebab itu, saat akan menginputnya teliti terlebih dahulu sekitar dua atau tiga kali untuk meminimalisir terjadinya kesalahan.

Hal ini sering terjadi pada pemilik toko online, karena harus berkaiatan dengan banyak resi sehingga memungkinakan bingung. Hal ini diperparah jika hanya menggunakan satu jasa pengantaran, karena setiap barang terdapat perbedaan kode.

  1. Salah Input Digit Resi

Saat menginput resi kurang atau lebih, juga akan mempengaruhi keberhasilannya. Jadi Selalu pastikan bahwa nomor yang dimasukkan benar serta sesuai sebagaimana tertera di bukti pengiriman. Umumnya para olshop akan memberikan resi dengan tulisan maupun foto.

VIRAL :  Tahukah Kamu, Begini Asal Muasal Buaya, Cek Selengkapnya

Sebaiknya hindari tergiur harga miring, sebab dampaknya bisa lebih besar. misalnya saja terjadinya penipuan atau kualitasnya rendah. Hal ini menjadi penting bagi para pengusaha olshop seta pebisnis atau exportir.

Demikian penjelasan mengenai  cara cek resi Tiki yang perlu Anda ketahui untuk memprediksi kapan kedatangan serta menjamin tingkat keamanannya. Terkait cepat atau lambatnya tergantung dengan jarak serta layanannya.