Cara Cek Saldo E-Toll di Hp NFC dan Tanpa NFC
Sumber gambar: myjourney

Cara Cek Saldo E-Toll di Hp NFC dan Tanpa NFC Terlengkap 2021

E-Toll merupakan uang elektronik yang menawarkan kemudahan dan kepraktisan bagi pengguna jalur toll di Indonesia. Jika dahulu baru ada E-Toll Mandiri, maka sekarang sudah tersedia Tapcash BNI, BRIZZI, Flazz BCA dan Indomaret Card sebagai pembayaran toll secara instan. Kira-kira, Anda sudah tahu belum bagaimana cara cek saldo e-toll?

Nah, apabila masih belum mengetahui sebaiknya simak baik-baik pembahasan berikut. Yang paling mudah adalah menggunakan hp android atau iPhone berfitur NFC. Kendati demikian, tanpa NFC pada ponsel Anda sekalipun sebenarnya masih bisa mengecek sisa saldo E-Toll.

4 Cara Cek Saldo E-Toll Lewat Hp Android dan iPhone Paling Mudah

 

  1. Aplikasi Cek Saldo E-Toll

Cara Cek Saldo E-Toll di Hp NFC dan Tanpa NFC
Sumber gambar: bukan android

Cara yang pertama, Ada dapat mendownload aplikasi cek saldo E-Toll di ponsel android atau iPhone. Terdapat berbagai macam aplikasi pengecekan saldo E-Toll yang dapat Anda unduh di Playstore dan App Store.

Salah satu aplikasi yang mudah dan cepat dioperasikan adalah Electronic Money Card Balance. Untuk menggunakan aplikasi ini Anda terlebih dahulu harus menghidupkan fungsi NFC (Near Field Communication).

Setelah fungsi NFC aktif Anda dapat membuka aplikasi  Electronic Money Card Balance yang telah diunduh sebelumnya. Setelah apliksi terbuka, Anda dapat menempelkan kartu E-Toll pada bagian belakang handphone layaknya saat membayar biaya masuk – keluar di gerbang toll.

Secara otomatis, akan muncul pilihan order pada layar handphone Anda. Selanjutnya, Anda dapat memilih menu “cek saldo” dan layar akan otomatis berubah menampilkan saldo  E-Toll Anda.

  1. Internet Banking (M – Banking)

Cara Cek Saldo E-Toll di Hp NFC dan Tanpa NFC
Sumber gambar: makemax

Jika handphone Anda tidak didukung dengan fasilitas NFC, Anda dapat cek saldo E-Toll dengan menggunakan internet banking atau M-Banking. Salah satu bank yang mendukung cek saldo E-Toll dengan M-Banking adalah Bank Mandiri. Adapun langkah-langkah yang dapat diterapkan adalah sebagai berikut:

  • Pertama, pastikan Anda telah memiliki internet banking (M-Banking) yang berstatus aktif dan telah di approve oleh pihak bank.
  • Kedua, Anda bisa log in ke aplikasi M-Banking dengan memasukkan username (biasanya nomer rekening) dan
  • Ketiga, Anda dapat memilih menu Mandiri e-money.
  • Keempat, Anda dapat memilih menu cek saldo dan mengetikkan 16 digit nomer E-Toll Anda.
  • Kelima, pilih tombol “kirim” atau “send”.
  • Terakhir, akan muncul nominal saldo E-Toll Anda di layar handphone.
  1. Dial *141*6#

Cara cek saldo e-toll selanjutnya dapat Anda lakukan dengan melakukan panggilan dial dari handphone. Dial dapat dilakukan dengan cara menekan *141*6# dan menekan “ok” atau “panggil”. Lebih lanjut, langkah-langkah selanjutnya adalah sebagai berikut:

  • Setelah menekan dial maka akan muncul menu pilihan layanan yang disediakan oleh Bank Mandiri
  • Anda dapat memilih menu e-Cash dan klik “kirim”
  • Selanjutnya, Anda dapat memilih “info” dan klik “kirim”
  • Kemudian, pilihkan menu “cek saldo” dan “kirim”
  • Terakhir, masukkan 16 digit pin kartu E-Toll Anda dan “kirim”. Maka layar  handphone akan menampilkan saldo E-Toll Anda.
  1. Aplikasi Belanja Online

Cara Cek Saldo E-Toll di Hp NFC dan Tanpa NFC
Sumber gambar: Tokopedia

Bagi Anda yang gemar menggunakan aplikasi belanja online, ternyata Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk mengetahui jumlah saldo E-Toll Anda. Beberapa aplikasi belanja online yang menyediakan fitus pengecekkan saldo E-Toll antara lain adalah Tokopedia, Shopee, dan Buka Lapak.

Meskipun demikian, pengecekkan E-Toll menggunakan aplikasi belanja online ini hanya dapat Anda gunakan dengan cara mengaktifkan NFC terlebih dahulu. Sehingga, kurang lebih langkah-langkahnya menyerupai pengecekkan dengan aplikasi Money Card Balance pada poin pertama di atas.

Demikianlah 4 cara cek saldo e tolll tanpa datang ke provider. Tentunya dengan melakukan pengecekan saldo E Toll sebelum menggunakannya Anda tak perlu lagi khawatir saldo E Toll Anda tidak mencukupi tagihan.