Belum Banyak Yang Tahu! Inilah Cara Cacing Menumbuhkan Tubuhnya

Sobat teknohits, kali ini admin mau berbagi info tentang hewan yang bisa menumbuhkan tubuhnya lagi setelah terputus, yaitu cacing. Tahukah kamu, kalau cacing itu bisa menumbuhkan kembali bagian tubuhnya yang terpotong, sekilas mirip cicak yah tapi ini beda caranya. Yuk kita simak

 

Jadi Ilmuan dari University of Nottingham menemukan gen yang memungkinkan cacing Planaria menumbuhkan lagi bagian tubuhnya yang terpotong. dan riset yang dia buat ini bertujuan agar mengilhami para peneliti lain untuk mewujudkan pada manusia, yang bukan tidak mungkin manusia juga bisa bisa melakukan hal sama.

Penelitian ini dipimpin oleh Dr Aziz Aboobaker ini memperlihatkan sebuah gen bernama ‘Smed-prep’. Gen ini ternyata yang berperan memperbaiki dan menumbuhkan lagi anggota badan seperti kepala dan otak pada cacing Planaria.

Dikutip dari Daily Mail cacing Planaria berisi sel induk dewasa yang secara konstan membelah diri dan bisa berubah menggantikan semua jenis sel tubuh yang hilang. dan ternyata cacing ini juga mempunyai sekumpulan gen yang bekerja menumbuhkan bagian tubuh yang terpotong dengan ukuran yang pas serta di tempat yang pas.

Aboobaker mengatakan “cacing luar biasa ini, membuka mata kita untuk melakukan observasi lebih lengkap tentang regenerasi jaringan tubuh pada cacing. Hewan kecil ini bisa meregenerasi dirinya dengan cara yang ajaib,” Dalam penelitian ini pula, para ilmuan menemukan bahwa kehadiran Smed-prep sangat penting sehingga kepala dan otak yang teramputasi bisa tumbuh kembali di tempat yang tepat. Selain itu, sel induk cacing masih bisa ‘dibujuk’ untuk membentuk sel otak akibat dari aktivitas gen lain yang tidak berhubungan. Tanpa Smed-prep, sel-sel ini tidak mengatur diri mereka untuk membentuk otak secara normal.