Mengapa Benda Langit Sering Jatuh ke Bumi? Ini Penjelasannya

Mengapa Benda Langit Sering Jatuh ke Bumi? Ini Penjelasannya

Pernahkan kamu melihat sesuatu benda dari langit lalu jatuh ke bumi? Sering sekali kita mendengar kabar jika seseorang telah melihat benda dari langit yang jatuh ke bumi, bahkan media pun langsung menyorot kabar tersebut. Lalu benarkah pada tahun inifrekuensi jatuhnya benda-benda langit ke Bumi semakin bertambah?

 

Berikut penjelasan dari Profesor Dr Thomas Djamaluddin, pakar Astronomi dan Astrofisika dari LAPAN,

Menurut thomas, banyaknya berita mengenai benda langit jatuh yang kita dengar akhir-akhir ini, bukan berarti frekuensinya semakin meninggi, melainkan karena semakin baiknya sistem pemantau benda langit yang kita punya.

“Frekuensi, jatuhnya benda benda langit itu seperti asteroid di Bumi tahun ini masih normal, namun karena semakin canggihnya sistem pemantau benda langit, membuat ilmuwan kini semakin mudah untuk mengidentifikasi serta mengumumkannya kepada masyarakat,” jelas Thomas.

Thomas menjelaskan bahwa aetiap malam asteroid berukuran kecil pasti ada saja yang masuk ke atmosfir Bumi, hal tersebut sangat biasa terjadi, sementara untuk yang ukuran besar masuk ke atmosfir Bumi sekali dalam dua tahun.