Cara Cek BI Checking di OJK Online via HP 2021
Sumber gambar: android ponsel

Cara Cek BI Checking di OJK Online via HP 2021

Lolos BI Checking merupakan persyaratan mutlak bagi Anda yang ingin mengajukan program kredit ke sebuah bank ataupun badan keuangan swasta lainnya. Seperti KTA, KPR, KKB dan mendaftar kartu kredit. Untuk memastikannya, Anda bisa mencoba beberapa cara cek BI Checking di OJK online berikut. Tidak harus pergi dan mengantre di bank.

Anda bisa melakukannya di website resmi OJK dan lewat aplikasi OJK. Kurang lebih caranya sama, hanya saja dibawah ini admin menjelaskan prosedur lewat website resmi. Tanpa panjang lebar, langsung disimak yuk uraiannya.

 

Langkah-Langkah Cara Cek BI Checking di OJK Online

Cara Cek BI Checking di OJK Online via HP 2021
Sumber gambar: android singkat
  1. Mengisi Form Antrian

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengakses laman resmi OJK. Di bagian beranda Anda dapat mimilih “pendaftaran SLIK online”. Atau langsung saja membuka alamat  https://konsumne.ojk.go.id/ministedplk/registrasi

Setelah mendapatkan form antrian SLIK online, Anda wajib mengisikan informasi secara jelas. Adapun informasi yang Anda isikan adalah sepuatran: jenis pemohonan, tanggal permohonan, hingga pemilihan antrian yang dilakukan secara mandiri.

  1. Verifikasi dan Unggah Foto

Cara cek BI checking di OJK online selanjutnya adalah melakukan verifikasi data. Adapun untuk melakukan verifikasi ada beberapa dokumen foto yang perlu Anda upload, yang diantaranya:

  • Pengajuan perseorangan: unggah KTP (untuk WNI) dan Paspord (untuk WNA)
  • Pengajuan badan usaha: unggah Identitas pengurus (KTP atau Passpord), NPWP,dan akta dasar pendirian.

 

  1. Konfrimasi Email Balasan

Jika Anda sudah mengisi form antrian dan juga melakukan verifikasi, maka tidak ada jalan lain selain menunggu informasi dari yang membutuhkan.

Konfirmasi dari OJK biasanya akan di kirim ke alamat email yang telah Anda cantumkan. Pengiriman email ini biasanya berlangsung maksimal 2 hari setelah pengajuan antrian fom disetujui oleh pihak OJK.

  1. Validasi Data dan Dokumen

Apabila Anda telah mendapatkan email masuk dari pihak OJK, maka Anda harus memeriksa email tersebut. Kemudian, print sebanyak 3 kali lembar SLIK yang di kirim dalam bentuk lampiran.

VIRAL :  Cara Melaporkan Nomor HP Yang Lakukan Penipuan

Form yang sudah Anda isi dapat Anda tanda tangani dengan lengkap sesuai dengan tempat yang telah di sediakan dan diarahkan.

Selesai bertanda tangan, Anda wajib mengunggah kembali form yang telah dibubuhi tandang tangan Anda tersebut. Setelahnya, Anda akan diminta untuk berswafoto sebagai kode penerimaan slip.

  1. Verifikasi WhatsApp

Setelah semua dokumen yang dibutuhkan telah di unggah dan diterima oleh OJK, selanjutnya pihak OJK akan melakukan panggilan telepon kepada Anda.

Panggilan telepon ini biasanya menggunakan mode “video call”. Hal ini bertujuan supaya pihak OJK diberikan kemudahan dalam memverifikasi akhir, apakah data permohonan dengan nama dan KTP telah sesuai apa masih ada yang kurang.

 

Pemberian Hasil BI Checking

Cara Cek BI Checking di OJK Online via HP 2021
Sumber gambar : lifepall

Langkah terakhir cara cek BI checking di OJK online adalah menunggu hasil email dari online BI Checking. Apabila hasilnya sudah keluar Anda bisa segera memahami secara pribadi, bagaimana perhitungan dan penilaian BI Checking Anda.

Adapun rentan penilaian BI Checking yang aktif adalah sebagai berikut:

  • Debitur yang menunggak pembayaran angsuran lebih dari 180 hari akan mendapatkan skor 5
  • Debitur yang menunggak angsuran lebih dari 121 hingga 180 hari, mendapatkan skor 4
  • Debitur yang tidak lancar, dimana angsuran menunggak 91 hingga 120 hari  mendapatkan skor 3
  • Debitur yang menunggak angsuran 1-90 hari, masuk kategori Debitur Perhatian Khusus *DPK)
  • Terakhir bagi debitur yang memenuhi kewajibannya dan tidak pernah menunggak maka Akan mendapatkan poin 1.

Demikianlah, beberapa tips dan langkah yang dapat Anda lakukan sebagai upaya mengetahui cara cek BI checking di OJK online. Meskipun tak bisa dilayani dengan ofline (bertatap muka) , Anda tetap dapat mengetahui status BI Checking Anda dengan mudah.

VIRAL :  Cara Membuat Pamflet di Android dengan Apliaksi Canva

DAFTAR ISI