Tahukah Kamu Apa Itu USB OTG Pada Smartphone?

Tahukah Kamu Apa Itu USB OTG Pada Smartphone?

Hallo sobat teknohits dimanapun kamu berada. kali ini mimin akan berbagi informasi nih untuk kamu yang belum paham betul mengenai berbagai istilah yang sering terdengar pada perangkat smartphone salah satunya adalah USB OTG yang sering kali terdengar.

Apa itu USB OTG?

USB OTG ini adalah sebuah fitur yang mungkinkan para pengguna smartphone ataupun tablet bisa baca penyimpanan eksternal, seperti Flashdisk.

Dengan hadirnya fitur USB OTG tersebut mungkinkan kamu untuk bisa melakukan transfer data, baik dari smartphone atau tablet ke Flashdisk atau sebaliknya. Tentunya hal tersebut sangat mudahkan para pengguna untuk memindahkan data tanpa perlu menggunakan kabel data maupun jaringan internet.

Akan tetap untuk dapat memakai fitur USB OTG tersebut kamu kudu memakai Flashdisk dengan port microUSB atau dapat pula memakai kabel konverter USB 2.0 ke microUSB agar Flashdisk biasa dapat dibaca oleh fitur USB OTG (On-The-Go) dari smartphone.

Jika smartphone atau HP enggak mempunyai sebuah dukungan OTG (On-The-Go) maka secara otomatis Flashdisk yang disambungkan enggak akan muncul pada tampilan layar pada HP atau smartphone yang digunakan.

Akan tetapi, bila HP atau smartphone mendukung fitur USB OTG maka akan muncul notifikasi pada layar yang menandakan bahwa Flashdisk yang dihubungkan muncul sebagai penyimpanan eksternal yang baru.

Berikutnya, sobat bisa melihat data yang ada di Flashdisk ini pada HP atau smartphone dengan buka aplikasi File Manager. Umumnya sobat bisa mengakses ikon Flashdisk yang telah tersambung untuk membuka data maupun folder dengan mudah.

Lalu, sobat bisa menyalin atau memindahkan file dari Flashdisk dan menempelnya ke HP atau smartphone dengan mudah. Sementara itu, sobat pula bisa menyalin atau memindahkan file dari HP atau smartphone ke Flashdisk.

Sementara itu, kecepatan transfer data pun tergantung dari kemampuan yang dimiliki oleh Flashdisk karena setiap merek akan berbeda-beda. Bahkan setiap jenis pun tidak akan seama sehingga sobat bisa melihat informasi mengenai kecepatan transfer data pada Flashdisk yang dipunya, baik di dus penjualan, internet, maupun aplikasi penguji kecepatan memory.

Dapat disebut harga dari Flashdisk yang memiliki port USB 2.0 dan microUSB ini masih mahal sehingga sobat bisa mencoba alternatif lainnya dengan membeli kabel konverter USB 2.0 ke microUSB yang memungkinkan Flashdisk umumnya dapat dihubungkan ke HP atau smartphone.