Cara Cek Keberangkatan Haji Menurut Nomor Porsi Online

Berangkat ke tanah suci memang menjadi salah satu impian umat muslim di seluruh dunia. Setelah selesai mendaftar, jamaah memang diberitahu kapan mereka berangkat ke Mekkah. Namun ada kalanya lupa dan penasaran tahun berapa akan pergi ke tanah suci. Maka dari itu, penting mengetahui cara cek keberangkatan haji online dibawah ini.

Dari halaman website resmi, Anda bisa mendapatkan berbagai informasi secara akurat dan cepat. Mengecek langsung dari hp android, laptop atau PC, tanpa harus ke kantor kementrian agama terdekat.

Kalau begitu, mari langsung disimak informasi lengkap dibawah ini. 

Cara Cek Keberangkatan Haji Online via Website Resmi Kemenag 

Cek Keberangkatan Haji Menurut Nomor Porsi Online
Sumber gambar: duniahera

Membuka Website Kementrian Agama

Sebenarnya terdapat beberapa opsi untuk mengecek keberangkatan haji, baik melalui secara langsung maupun melalui website kementrian agama. Namun agar lebih mudah, maka bisa melalui website kementrian agama. Langkah pertama, yang perlu dilakukan adalah mengakses website kemenag.go.id.

Untuk mengakses web ini Anda bisa menggunakan smartphone, laptop, maupun komuter yang ada. Yang terpenting dalam tahapan mengecek keberangkatan, Anda harus memiliki akses internet karena untuk mengakses website ataupun informasi lain  memerlukan kuota internet.

Jika tidak memiliki jaringan internet, maka Anda tidak akan bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Memilih Menu Basih Data

Pada halaman awal pada website tersebut terdapat beberapa menu dengan fungsi yang berbeda. Untuk keperluan mengecek  berangkat haji, Anda perlu memilih menu drop down data.  Setelah mengklik menu tersebut Anda akan dibawa ke halaman web selanjutnya. Pada menu ini sendiri terdapat berbagai data dengan fungsi yang berbeda.

Dalam menu basis data ini Anda juga bisa mengakses beberapa informasi penting terkait jamaah haji. Bukan hanya untuk mengecek jadwal keberangkatan jamaah haji, tetapi dalam menu ini juga Anda bisa melihat berapa jumlah total jamaah haji yang berangkat setiap tahunnya ataupun jumlah jamaah haji yang keberangkatannya sama dengan Anda.

Memilih Perkiraan Keberangkatan

Pada menu sebelumnya yakni menu basis data, Anda harus memilih atau mengklik perkiraan keberangkatan. Menu ini berfungsi sebagai akses untuk memperoleh informasi mengenai kapan perkiraan keberangkatan jamaah haji yang sudah terdaftar.  Pada menu ini Anda akan diminta untuk mengisi beberapa data penting.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara cek keberangkatan haji melalui website, maka harap membaca tahapan ini samapai selesai. Sebenarnya pada menu ini Anda tidak akan secara langsung untuk dibawa ke daftar keberangkatan haji seluruh jamaah  haji. Melainkan terlebih dahulu mengisi daftar porsi atau nomor pendaftaran jamaah haji.

Memasukan Info Pendaftaran jamaah Haji

Cek Keberangkatan Haji Menurut Nomor Porsi Online
Sumber gambar: tigasiku

Masih pada menu yang sama, yakni pada menu Perkiraan Keberangkatan terdapat beberapa data yang perlu diisi. Salah satunya adalah memasukan Nomor pendaftaran  Jamaah haji yang sudah diberikan pihak kementrian. Biasanya nomer Porsi jamaah haji diberikan ketika telah melakukan pendaftaran.

Pengisian data ini berfungsi untuk memverifikasi data diri Anda yang terdapat di website Kementrian Agama. Sehingga ketika melalukan pencarian mengenai keberangkatan yang akan ditampilkan adalah jadwal keberangkatan Anda saja. Hal ini mempermudah agar Anda tidak perlu lagi capek mencari nama pada daftar jamaah Haji.

Memilih Kotak Cari

Masih pada menu pengisian informasi atau  pengisian nomor pendaftaran, langkah selanjutnya adalah memilih kotak bertuliskan Cari.  Menu ini berfungsi untuk melakukan pencarian mengenai kapan waktu perkiraan keberangkatan Haji Anda. Sebelum mengklik menu ini pastikan data yang Anda masukan sudah benar-benar tepat.

Halaman Informasi Keberangkatan

Yang terakhir setelah mengklik tombol Cari, Anda akan dibawa ke halaman informasi mengenai keberangkatan. Halaman ini merupakan langkah terakhir dalam tahapan cara cek keberangkatan haji melalui website Kementrian Agama. Sebelum menutup halaman web ini pastikan Anda sudah mencatat kapan waktu keberangkatan agar nantinya tidak capek untuk mencari lagi.

Tinggalkan komentar