Tahukah Kamu Hewan Ini Bisa Hidup Selama 1400 Tahun

Banyak hewan atau binatang hanya mempunyai umur yang singkat untuk hidup, meskipun ada banyak hewan yang kabarnya bisa hidup lama namun tak lebih dari 100 tahun, namun dikabarkan ada spesies hewan yang bisa hidup selama 1400 tahun loh. Penasaran hewan apa itu? Yuk kita simak bersama.

Nama hewan tersebut adalah Hydra magnipapillata, yang sudah dilakukan penelitian mendalam oleh para Ilmuan yang menemukan hasil bahwa hewan tersebut bisa hidup yang sangat lama yaitu sekitar 1400 tahun.

Mengutip Scientificamerican, pada tahun 1998, salah satu ilmuan ahli biologi mengungkapkan bahwa makhluk hidup yang berukuran sekira 0,2-0,6 inci dan memiliki tentakel tersebut terus memperbarui sel-sel mereka sendiri. Hal tersebut dapat mencegah penuaan dan mencapai keabadian biologis.

Spesies Hydra magnipapillata adalah salah satu dari lusinan organisme yang dipelajari dalam studi keragaman penuaan (aging diversity). Hewan Hydra memiliki siklus hidup aneh yang berbeda dengan makhluk hidup lainnya.

Para peneliti melaporkan dalam jurnal Nature, Tingkat kematian pada spesies ini dibilang rendah untuk waktu yang tidak dapat ditentukan.  Kemudian Dalam penelitian di laboratorium terkontrol, para ilmuan tersebut mengestimasi bahwa lima persen dari populasi Hydra akan tetap hidup setelah 1.400 tahun. Wikipedia juga telah menerangkan, bahwa Hydra memiliki empat hingga dua belas tentakel. Hydra memperpanjang tentakelnya dan menunggu hingga makanan menyentuh tentakel. Kemudian, tentakelnya ini mengirimkan makanan ke mulut, lalu menelan dan mencernanya.