Cara Kembalikan File yang Terhapus di Laptop Dengan Mudah

Cara Kembalikan File yang Terhapus di Laptop Dengan Mudah

Saat menggunakan laptop terkadang beberapa orang akan tanpa sengaja menghapus file penting para perangkat. Akan tetapi jika masalah itu terjadi pada kamu tak usah terlalu khawatir karena saat ini terdapat cara untuk mengembalikan file yang terhapus tersebut dengan beberapa cara.

Jadi khusu untuk kamu yang belum tahu cara melakukannya, berikut ini langkah-langkah yang dapat kamu ambil supaya file-file tersebut bisa kembali ke partisi atau folder semula:

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop Windows

  • Masuk ke dalam Recycle Bin (ikon tong sampah di desktop)
  • Cari file yang akan dikembalikan (gunakan menu pencarian supaya lebih mudah ditemukan)
  • Bila sudah ketemu, klik kanan lalu pilih opsi Restore.
  • Untuk melihat file yang dipulihkan, buka folder atau partisipasi sebelum file tersebut dihapus

Pada beberapa desktop, ikon Recycle Bin dapat saja bisa ditemukan. Oleh karena itu, kamu perlu munculkan dengan cara menekan tombol klik kanan mouse pada desktop, lalu pilih opsi View dan pilih Show desktop icons.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop Windows Dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Sementara itu, bila file enggak ditemukan di Recycle Bin, dapat saja file tersebut sudah terhapus secara permanen. Dalam hal tersebut ada beberapa hal yang bisa menyebabkan file terhapus secara permanen.

Selain sebab file sudah cukup lama berada di Recycle Bin, kamu memang dapat menghapus file secara permanen dengan menekan tombol DEL + Shift. Atau dalam hal ini, format ulang atau install ulang juga bisa jadi penyebabnya.

Khusus untuk kasus ini, kamu memerlukan bantuan aplikasi dari pihak ketiga untuk memulihkannya. Dan supaya tidak salah pilih, kamu dapat memakai salah satu dari beberapa aplikasi recovery terbaik yang sudah ada.

Sebagai catatan, meski di beberapa data dapat dikembalikan, tetapi enggak jarang sebagian lainnya tidak bisa dikembalikan atau jika dapat tidak bisa kembali dengan sempurna. Untuk itu, ada baiknya kamu bikin data cadangan memanfaatkan media cloud yang sudah banyak tersedia di pasaran.