Tahukah Kamu Persamaan & Perbedaan Planet Bumi Dengan Mars?

Banyak ilmuan mengatakan bahwa planet mars adalah salah satu planet yang bisa dihuni selain bumi, namun Tahukah kamu kenapa para ilmuan tersebut bisa berkata seperti itu? Ternyata dalam planet bumi dan Mars memiliki persamaan loh guys, namun juga mempunyai perbedaan. Yuk kita bahas sama sama dibawah ini.

Jadi menurut para ilmuan, planet bumi dan mars ini memiliki banyak persamaan loh sobat teknohits, selain memiliki karakteristik yang sama, mars juga mempunyai permukaan tanah yang hampir sama persis dengan bumi, bahkan keduanya masing masing ditopang oleh kutub serta memiliki kemiringan yang sama di sumbu rotasinya, pantas saja ya, ilmuan mengatakan bahwa kita bisa tinggal di Mars ternyata gak jauh beda dengan bumi.

Namun Meskipun memiliki persamaan yang banyak, planet Bumi tentu saja memiliki perbedaan dengan Mars. Perbedaan itu meliputi tekanan atmosfir dan suhu permukaan di Mars lebih kecil dibandingkan di Bumi. Untuk waktu hari planet Mars hampir sama dengan Bumi, yairu 24 jam 37 menit dan panjang tahun Mars cenderung lebih lama, yakni 687 hari.

Nah bukan itu saja nih, Perbedaan besar lainnya antara Bumi dan Mars lainnya terlihat bahwa gravitasi di Mars 62 persen lebih rendah dibanding Bumi. Hanya berbeda 0,38 dari standard Bumi. Jadi bisa dipahami Orang yang memiliki berat 100kg di Bumi, di Mars beratnya hanya 38 kg.

Menurut para ilmuan perbedaan gravitasi antara bumi dan Mars meliputi beberapa faktor, yang pertama adalah massa, kepadatan, dan radius menjadi penyebab utama. Dan Meski planet Mars memiliki luas permukaan tanah yang hampir sama dengan Bumi, namun Mars sebenarnya hanya memiliki setengah diameter dan kepadatan yang kurang dari Bumi.

Para ilmuan tersebut juga sudah menghitung jumlah gravitasi menggunakan teori gravitasi Newton yang mengumumkan jika gaya gravitasi yang diberikan oleh suatu benda sebanding dengan massanya. Jika diterapkan pada tubuh bulat seperti planet dengan massa tertentu, gravitasi permukaan akan berbanding terbalik dengan kuadrat radiusnya, seperti dilansir Phys.

Tinggalkan komentar