Tahukah Kamu Apa itu Teknologi NFC Yang di HP Android?

Hallo sobat teknohits di manapun kamu berada kali ini mimin akan memberikan sebuah ulasan mengenai salah satu teknologi yang terdapat pada Smartphone android yaitu NFC. namun, apakah kamu tahu apa yang dimaksud dengan NFC dan apa fungsi dari teknologi ini? Yuk kita bahas bersama dibawah ini ya.

NFC merupakan sebuah kepanjangan dari Near Field Communication yang mungkinian terjadinya sebuah komunikasi antara dua smartphone atau perangkat dengan cara dekatkan keduanya pada jarak dekat atau beberapa cm saja. Dengan hadirnya NFC pada smartphone mungkinkan kamu untuk transfer data, pembayaran digital, buka kunci smartphone, melihat saldo e-money, dan mengisi saldo e-money.

Fungsi dan Cara memakai NFC

Untuk aktifkan fungsinya sebagai mentransfer data ini cukup mudah dimana dua smartphone yang mempunyai NFC disentuhkan satu sama lain sehingga fitur NFC aktif dan bisa langsung transfer data yang di mau oleh kedua penggunanya, contohnya video, foto, dokumen, sampai musik.

Bahkan penggunanya pula bisa hubungi lagu atau musik yang sedang dijalankan smartphone pada speaker ataupun headset dengan teknologi NFC cuma dengan mendekatkannya saja. Bukan cuma itu, video atau presentasi yang sedang dijalankan di smartphone pula bisa dihubungkan ke Smart TV melalui koneksi NFC.

Sementara untuk pembayaran digital, pada umumnya smartphone dengan NFC ini memiliki beberapa layanan, seperti Google Wallet, Samsung Pay, Huawei Pay, dan masih banyak lagi untuk bisa mengintegrasikannya dengan mesin pembayarannya tersebut.

Meski sangat praktis memakai koneksi NFC untuk pembayaran, akan tetapi kamu pula akan diminta memasukkan kata sandi, wajah untuk dipindai, atau sidik untuk dipindai supaya bisa menjaga keamanan transaksi pembayaran digital tersebut.

Sementara itu, smartphone yang mempunyai teknologi NFC pula dapat mengecek saldo e-money dari kartu beberapa Bank, seperti Mandiri, BCA, BNI, maupun BRI dengan memakai aplikasi yang dapat diunduh di Google Play Store.

Kerennya lagi, untuk kamu yang memakai kartu e-money punya Mandiri dapat lakukan sebuah pengisian saldo cuma dengan memakai teknologi NFC di smartphone karena memiliki Bank Mandiri mempunyai sebuah aplikasi yang mengizinkan hal itu.

Uniknya, smartphone dengan teknologi NFC pula dapat dibuka memakai eKTP karena mempunyai sebuah fitur bawaan dari Android yang mungkinkan pembukaan kunci dengan menggunakan perangkat NFC yang sedang terhubung. Dengan kata lain NFC ini mempunyai banyak fungsi yang mudahkan kamu untuk melaksanakan aktivitas sehari-hari.

Pada umumnya sensor NFC tersebut hadir pada smartphone kelas menengah hingga atas, seperti Huawei P9, ASUS Zenfone 5, ASUS Zenfone 5Z, Huawei P20 Pro, Samsung Galaxy S9, Samsung Galaxy Note 9, dan masih banyak lagi. Sementara itu, iPhone pun memiliki fitur NFC yang biasanya cuma bisa digunakan untuk fasilitas pembayaran digital Apple Pay.