Cara Mudah Hapus Metode Pembayaran di Google Play Store

Untuk kamu yang suka membeli aplikasi atau sebuah buku berbayar di aplikasi google Play Store tentunya sudah tidak asing dengan metode pembayaran pada aplikasi buatan google tersebut. berbagai metode pembayaran ada disana diantaranya adalah kartu kredit, pembayaran melalui operator, atau metode lainnya.

Dengan kamu menambahkan metode tersebut tentunya akan mempermudah pembayaran saat kamu melakukan transaksi. Kamu akan dimudahkan jika ingin membeli dan membayar aplikasi, game, film, buku, atau melakukan pembelian item di dalam aplikasi (in-app purchase) untuk perangkat Android yang kita miliki.

Akan tetapi, dengan adanya kemudahan ini, terdapat banyak orang kecolongan. Salah satu contoh kasusnya, ada beberapa orang yang dapat tagihan kartu kredit atau operatornya membengkak, akibat dipakai untuk beli aplikasi atau item dalam aplikasi oleh anak atau kerabatnya.

Meski secara umum Google pula memberikan opsi untuk refund di layanan itu, namun banyak pengguna yang pilih untuk menghapus metode pembayaran yang dipakai, untuk menghindari permasalahan itu terulang kembali. Untuk itu bagi kamu yang mengalami permasalahan yang serupa, atau ingin menghapus metode pembayaran di Google Play Store dengan alasan lainnya, berikut ini langkah-langkah yang bisa digunakan untuk melakukannya.

Cara Menghapus Metode Pembayaran di Layanan Google Play Store

  • Kamu tinggal buka aplikasi Google Play Store yang ada di smartphone Android
  • Usap layar dari kiri ke kanan atau dengan menekan tombol Menu (ikon hamburger).
  • Pilih Payment methods dan pilih More payment settings.
  • Bila saat terlempar ke browser diminta untuk login, masukan alamat email dan kata sandi yang sesuai.
  • Selanjutnya cari metode pembayaran yang akan dihapus, lalu tekan Remove.
  • Berikutnya tekan Remove sekali lagi untuk melakukan konfirmasi.

Dengan menggunakan beberapa langkah di atas, kamu dapat menghapus berbagai macam metode pembayaran yang sebelumnya telah kita tambahkan ke akun Google Play, baik itu melalui kartu kredit maupun pembayaran melalui operator.

Sebagai tambahan, bila kamu menggunakan lebih dari satu metode pembayaran di layanan ini, kamu pula dapat menghapus semua metode pembayaran itu untuk mengantisipasi membludaknya tagihan di akun pembayaran yang lain.

Bukan cuma itu, bila kamu mau melakukan pembelian item atau aplikasi menggunakan akun tersebut di masa mendatang, kamu perlu menambahkan lagi metode pembayaran yang ingin digunakan, baik dengan mengaturnya secara manual atau secara otomatis, bersamaan saat melakukan pembayaran tersebut.