Tahukah Kamu, Kapan Pertama Kali Bumi Diguyur Hujan? Simak Fakta Berikut Ini

Tahukah Kamu, Kapan Pertama Kali Bumi Diguyur Hujan? Simak Fakta Berikut Ini

Dalam beberapa pekan terakhir, Indonesia terus dilanda hujan yang terus menerus, bahkan di banyak daerah dampak hujan lebat ini. Daerah semarang sampai bekasi mengalami banjir yang cukup akibat akibat curah hujan yang sangat deras.

Namun, Tahukah kamu Kapan Pertama Kali Bumi Diguyur Hujan? Yuk kita simak fakta fakta yang terjadi saat Bumi pertama kali diguyur hujan.

Muncul Petrichor

Petrichor merupakan suatu bau alami yang tercium saat hujan turun membasahi tanah yang kering. Istilah ini berasal dari kosakata Yunani dan dipopulerkan oleh dua ilmuwan Australia Bear dan Thomas pada tahun 1964 silam dalam jurnal ilmiahnya.

Membersihkan Udara

Selain membawa kesejukan di muka bumi, air hujan juga memiliki fungsi untuk membersihkan udara. Ya, jika diperhatikan setelah air hujan pertama kali, udara akan menjadi lebih bersih dan segar. Hawa panas ataupun gerah seketika itu pula menyingkir.

Rentan Bagi Kesehatan

Ternyata air hujan yang turun pertama kali sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh manusia. Tak heran jika orangtua orangtua anaknya anaknya agar tidak hujan-hujanan utama karena bisa membawa penyakit. Selain tidak baik untuk kesehatan, hujan pertama yang turun juga bisa merusak rambut.

Hujan Ternyata Bisa Menghipnotis

Tahukah Anda jika hujan yang turun pertama ternyata memiliki kemampuan untuk menghipnotis manusia. Ya, cara kerjanya yakni dengan meresonansikan ingatan masa lalu. Meski tidak bisa dibuktikan secara ilmiah, para ilmuwan percaya bahwa di dalam hujan ada lagu yang hanya bisa didengar oleh mereka yang rindu.

Berkecepatan Rendah

Air hujan yang pertama kali jatuh ke bumi memiliki kecepatan rendah. Hal itu disebabkan hujan dengan bentuk khusus yang meningkatkan efek gesekan atmosfer dan membantu hujan turun ke bumi dengan kecepatan yang lebih rendah. Bayangkan saja bila hujan turun pada kecepatan tinggi, pasti akan banyak menimbulkan kerusakan di bumi.