Cara Mudah Mengunci Jaringan Ke 4G Only di HP OPPO

Jaringan internet yang tidak stabil nampaknya masih menghantui berbagai smartphone dan masih menjadi musuh bagi para pengguna smartphone terutama yang tinggal di desa terpencil. Tapi untungnya salah satu vendor smartphone asal Tiongkok yaitu oppo masih mempunyai menu testing yang bisa dimanfaatkan untuk mengunci jaringan 4G agar koneksi internet lebih stabil yang sudah mimin rangkum caranya berikut ini.

Untuk kamu pengguna HP oppo. Terdapat beberapa menu rahasia yang dapat digunakan untuk menyetel pengaturan perangkat, khususnya untuk pengaturan-pengaturan yang tidak ada di dalam menu pengaturan umum. Misalnya pada smartphone buatan OPPO, khususnya yang sudah memuat sistem ColorOS terbaru, kamu umumnya tidak akan menjumpai menu untuk mengunci jaringan ke opsi 4G atau LTE saja di pengaturan umumnya.

Untuk itu, agar kamu dapat mengunci jaringan ke jaringan 4G atau LTE saja, mereka perlu memakai sebuah menu testing seperti yang disinggung sebelumnya. Untuk masuk ke menu ini, pengguna bisa mengetikan *#*#4636#*#* pada dialpad di smartphone OPPO yang digunakan.

Setelah muncul menu testing, kamu dapat pilih opsi Phone information 1 atau 2 sesuai dengan kartu SIM yang diaktifkan untuk jaringan internet. Bila udah, berikutnya kamu cari bagian Set Preferred Network Type, lalu ubah opsi pada drop-down menu ke LTE Only dan tutup menu ini.

Bila selesai, jaringan smartphone OPPO akan terkunci secara otomatis di 4G atau LTE saja. Dengan terkuncinya jaringan ini, smartphone akan memperoleh sinyal yang lebih stabil, karena ketika sinyal 4G sangat sedikit pun jaringan tidak akan beralih ke 3G atau jaringan di bawahnya.

Keuntungan lainnya, smartphone yang mempunyai sebuah sinyal stabil biasanya akan lebih hemat daya, sebab perangkat tidak perlu berpindah-pindah jaringan dan mencari jaringan yang lebih kuat, yang notabene butuh alokasi daya yang cukup besar pada prosesnya.

Tapi sayang sob. ketika hanya aktif di jaringan 4G, kamu enggak akan bisa memakai kartu SIM tersebut untuk melakukan panggilan telepon atau mengirim SMS. Hal tersebut karena, jaringan 4G mempunyai spektrum yang berbeda dengan 3G atau jenis jaringan sebelumnya