Tahukah Kamu, Inilah Dinosaurus Terbesar Yang Pernah Hidup Di Bumi

Bila kita membicarakan tentang dinosaurus, pasti dalam benak kamu terbesit pada film jurrasic park. Ya di film itu menampilkan sosok sosok dinosaurus yang tinggi besar, namun tahukah kamu, seperti apa dinosaurus paling besar yang hidup di bumi? Yuk kita ulas bersama…

Dikabarkan dinosaurus terbesar yang hidup di bumi adalah kelompok dinosaurus Argentinosaurus, yang panjangnya melebihi panjang kolam dan tingginya bahkan sampai melampaui tinggi gedung berlantai lima, mengerikan sekali bukan sobat teknohits.

Paul Barrett, ilmuwan yang bekerja di Museum Sejarah Alam di London, Inggris. Mengatakan bahwa dinosaurus berukuran raksasa ini hidup sekitar 70 sampai 100 juta tahun yang lalu, Ilmuwan menentukan ukuran dinosaurus berdasarkan temuan fosil dan karena sering kali fosilnya tak lengkap, para ilmuwan tak bisa menetapkan ukuran secara pasti. Prinsipnya, makin lengkap fosilnya, makin akurat perkiraan bentuk dan bobotnya.

Kabarnya, Tulang-belulang hewan purba raksasa ini banyak ditemukan di Patagonia, Argentina, dan salah satu yang terbesar ditemukan oleh seorang petani di gurun di dekat La Flecha pada 2014.

Tulang paha dinosaurus yang ia temukan lebih tinggi dari ukuran manusia kebanyakan. Tim pakar dari Museum Paleontologi, Egidio Feruglio memperkirakan tinggi keseluruhan mencapai 5,8 meter dengan panjang 40 meter. Prediksi awal menyebutkan kalau dinosaurus ini 10 persen lebih besar dari dinosaurus yang sebelumnya yang memegang predikat yang terbesar yang pernah ditemukan.

Namun sekali lagi, menentukan ukuran dinosaurus tidak gampang. Karena kasus Argentinosaurus, para ilmuan cuma mendapatkan tulang belakang, tulang rusuk, tulang kaki bagian bawah, dan beberapa potongan tulang lain. Namun tulang tulang dinosaurus yang pernah ditemukan adalah 116 tulang dari jumlah total sekitar 256, berasal dari Dreadnoughtus schrani, seperti dijelaskan Kenneth Lacovara, ilmuwan Drexel University, Philadelphia, Amerika Serikat.

Tinggalkan komentar