Ikan Ini Dulu Dijual Ratusan Juta, sekarang Tak Berharga

Pada masa pandemi beragam pernak pernik, tanaman, hingga ikan menjadi trending, mewajibkan untuk diam dirumah membuat Masyarakat Indonesia bosan dan memelihara berbagai tanaman hias sampai ikan hias agar otak menjadi fresh saat diam dirumah.

Saat ini sedang tren ikan cupang, yang bahkan meskipun hanya sebagai hiasan saja, ikan cupang ini pula mempunyai harga yang fantastis loh kalau dijual, bahkan ada yang sampai puluhan juta. Sebelum tren ikan cupang ini, beberapa tahun lalu juga sempat tren baru akik. Namun terkadang sebuah tren tersebut tak berlangsung lama.

Jadi kita mundur kebelakang, jaman sebelum tren ikan cupang dan batu akik ini, jaman dulu juga ternyata banyak tren seperti diatas namun tak lama langsung hilang saja..

Jadi teknohits ingin berbagi info nih, 3 ikan yang dulu pernah trending dan mempunyai harga sampai ratusan juta namun sekarang tak berharga karena jaman sudah berganti, ikan apa saja? Yuk kita lihat.

 

Ikan Lou Han

Ikan Ini Dulu Dijual Ratusan Juta, sekarang Tak Berharga
Sumber gambar: Wikipedia

Nama ikan Lou Han pernah begitu populer dan menjadi buruan masyarakat di Tanah Air. Malah, para kolektor rela berburu ke luar negeri untuk mendapatkan ikan Lou Han jenis terbaik. Ikan air tawar berwari pernah dibanderol hingga ratusan juta rupiah. Bahkan, nilainya akan melonjak tajam jika di tubuh si ikan terdapat tulisan-tulisan tertentu.

Namun, saat ini ikan Lou Han nyaris tak terdengar lagi namanya. Harga jualnya sangat anjlok yang cuma bisa dibeli seharga ratusan ribu saja. Bahkan Anda bisa mendapat anakan ikan Lou Han di tukang ikan pinggir jalan hanya seharga Rp10-20 ribu per ekornya.

 

Ikan Oscar

Ikan Ini Dulu Dijual Ratusan Juta, sekarang Tak Berharga
Sumber gambar: jawapos

Ikan Oscar pernah tren di era 90-an. Ikan yang memiliki ciri fisik seperti ikan mujair ini memang berwarna atraktif dan berkarakter lebih agresif. Dahulu seekor Ikan Oscar dewasa bisa dihargai sangat mahal berkisar Rp1-2 jutaan.

Karena harga jual yang tinggi, ikan ini kemudian mulai diternak banyak orang. Sehingga jumlahnya pun meningkat signifikan dan tentunya dengan jenis yang makin beragam. Imbasnya, harga ikan ini malah jadi anjlok lantaran ketersediaan yang banyak. Ikan Oscar kini dapat dijangkau dengan harga Rp50-100 ribuan untuk Ikan Oscar dewasa.

 

Ikan Guppy

Ikan Ini Dulu Dijual Ratusan Juta, sekarang Tak Berharga
Sumber gambar: kompas.com

Ikan kecil berwarna-warni ini diakui menjadi salah satu ikan paling eksotis. Dahulu, ikan yang suka berkerumun dan tidak lebih besar dari jari kelingking ini pernah berharga sangat mahal. Seperti Ikan Guppy jenis red dragon yang dibanderol Rp 1 jutaan untuk tiga ekor.

Beberapa jenis Ikan Guppy yang juga tak kalah mahal ialah German Platinum Crown Tail, Blue Moscow hingga Super Red yang dibanderol ratusan ribu untuk beberapa ekor. Namun kini, kondisinya telah berbalik. Harga ikan berukuran kecil nan cantik itu mengalami penurunan sangat drastis. Pasalnya, Ikan Guppy saat ini dihargai sangat murah yakni berkisar Rp10 ribuan untuk 3-5 ekor.

Tinggalkan komentar