Review ASUS VivoBook Ultra A412UA | Laptop Sultan Harga Merakyat

Hallo sobat teknohits dimanapun kamu berada. kembali lagi bersama mimin yang akan coba mengulas atau mereview salah satu laptop produksi ASUS yang tentunya sangat terkenal akan kecanggihannya. Asus sendiri merupakan salah satu vendor teknologi yang telah membuat produk produk populer dari smartphone sampai laptop buatan asus sudah terjamun kualitasnya. oleh sebab itu dalam artikel ini mimin akan coba mengulas salah satu laptop terbaru asus yaitu ASUS VivoBook Ultra A412UA yang sudah mimin rangkum berikut ini.

Secara kasat mata, laptop berikut ini terlihat enggak murahan sebab memiliki sebuah bentuk ringkas, warna atraktif, dan desain minimalis. Dibalut dengan warna Peacock Blue untuk varian ASUS VivoBook Ultra A412UA yang saya gunakan, laptop tersebut memberikan kesan elegan dengan kilauan dan tekstur yang halus.

Peacock Blue adalah sebuah warna yang menarik karena mimin melihat warnanya berubah-ubah saat dilihat dari sudut yang berbeda. Contohnya seperti ketika dilihat dari sudut kanan akan terlihat berwarna biru sedangkan saat dilihat dari sudut kiri akan berwarna ungu.

Walau untuk sebagian orang desainnya biasa saja, akan tetapi untuk mimin laptop tersebut terlihat menarik sebab menawarkan paduan bodi yang ringkas dengan warna yang tidak biasa. Sementara itu, VivoBook Ultra A412UA memiliki sebuah ketebalan 1,9 cm yang dapat dimasukkan ke tas saya tanpa takut habiskan banyak ruang.

Dengan bobotnya yang capai 1,5 kg, mimin merasa bahwa laptop ini terasa cukup ringan saat dipegang memakai satu tangan. Pada saat dibawa di tas pun, mimin merasa jika VivoBook Ultra A412UA tidak terlalu membebani punggung.

Berkat layarnya yang 14 inci, mimin peroleh melihat konten video, dokumen, foto, software, dan game dengan leluasa pada laptop tersebut sebab bezelnya yang bisa dibilang kecil hanya mencapai 5,7mm sehingga membuat rasio layar ke bodi menjadi 87%.

Layar ASUS VivoBook Ultra A412UA ini pula memiliki sebuah resolusi Full HD (1920 x 1080 piksel) sehingga bisa menampilkan konten dengan jelas dan tajam. Ada pula fitur Anti-Glare pada laptop ini yang mungkinkan konten pada layar masih dapat mimin lihat dengan baik, meskipun sedang berada di bawah terik matahari atau lampu sekalipun.

Beralih ke bawah layar, ada sebuah keyboard dengan desain chiclet yang mempunyai jarak pas antar tombol sehingga bikin mimin nyaman saat mengetik. Jika engselnya dengan desain Ergolift membuat keyboard mempunyai kemiringan 2 derajat sehingga memberikan saya posisi pas untuk mengetik.

Dengan harganya yang terjangkau, keyboard dari laptop ini bisa menyala sehingga memudahkan saya mengetik dalam kondisi minim cahaya atau gelap. Kecerahan cahaya atau backlit pada keyboard pun bisa kamu atur hingga 3 tingkat.

Tapi sayang tombol Power berada tepat di sebelah tombol Delete pada keyboard sehingga membuat saya terkadang salah pencet ketika ingin menghapus teks atau dokumen denga tombol Delete.

Secara bawaan, tombol F1 hingga F12 akan menjadi tombol pintas sehingga mudahkan mimin untuk mengubah volume, tingkat kecerahan layar, cahaya keyboard, mematikan atau mengaktifkan touchpad, dan lainnya cuma dengan sekali sentuhan.

Dengan kata lain, mimin bisa menambahkan tombol fn pada saat mengakses tombol F1 hingga F12. Sementara itu, saya juga bisa membalik fungsi pintas dan F1 sampai F2 dengan menekan kombinasi tombol fn + esc.

Meski mimin sering menggunakan mouse wireless untuk lakukan navigasi dan perintah di laptop, namun touchpad yang dimiliki oleh ASUS VivoBook Ultra A412UA ini nyaman untuk dipakai karena mengikuti arah jari saya dengan baik.

Sementara sensor fingerprint yang ada di dekat touchpad mampu mendeteksi sidik jari saya dengan responsif sehingga mempercepat saya dalam membuka kunci ASUS VivoBook Ultra A412UA tanpa perlu mengetikkan PIN atau kata sandi terlebih dahulu. Apalagi sensor tersebut telah terintegrasi dengan sistem keamanan Windows Hello.

Soal urusan pemindahan data dengan flashdisk, harddisk eksternal, smartphone, maupun tablet, ASUS VivoBook Ultra A412UA ini sudah dibekali dengan port USB 3.1 (Gen 1) Type-A dan USB 3.1 Type C di bagian kiri. Terdapat juga port USB 2.0 Type-A di bagian kanan.

Tak ketinggalan, port HDMI, port charger, dan jack audio disematkan pada bagian kiri sedangkan slot microSD card reader dan kensington lock berada di bagian kanan. Bisa dibilang laptop ini cukup lengkap soal urusan port.

Dengan hadirnya Bluetooth, laptop ini dapat disambungkan dengan smartphone, speaker, dan perangkat yang mempunyai koneksi Bluetooth lainnya. Sedangkan keberadaan Wi-Fi 5 pada ASUS VivoBook Ultra A412UA mampu membuat saya mendapatkan akses jaringan internet dari Wi-Fi sekitar dengan lancar.