Ikan Hantu Pertama Di Dunia, Ini Spesiesnya

Hantu merupakan mahluk yang kebanyakan ditakuti manusia, meskipun tidak semua takut hantu tapi mayoritas orang di bumi takut akan bentuk yang mengerikan atas sosok hantu tersebut. Namun, pernahkah kamu, melihat ikan hantu?

Mungkin terdengar konyol, tapi ternyata spesies ikan hantu tersebut ada loh guys, ikan hantu tersebut ditemukan di Marianas Trench Marine National Monument dan diberi nama ghost fish. Dilansir Livescience, ikan dalam keluarga Aphyonidae itu tertangkap kamera selama eksplorasi National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA). Pusat penjelajahan di laut terdalam itu dilindungi sepanjang 246.608 kilometer persegi, di sebelah timur Filipina.

Menurut NOAA, ikan yang sangat langka ini berenang sepanjang punggung bukit 2.500 meter menuju ke bawah. Ikan hantu (ghost fish) mempunyai panjang 4 inci atau 10 sentimeter dengan tubuh transparan dan mata tanpa warna. Para peneliti mengungkap, tidak ada ikan dalam keluarga Aphyonidae yang pernah terlihat hidup. “Ini benar-benar temuan yang tidak biasa,” kata Bruce Mundy, ahli biologi ikan NOAA.

Aphyonidae merupakan keluarga dalam urutan Ophidiiformes. Sebagian besar spesimen yang pernah ditemukan dalam keluarga Aphyonidae tidak sengaja tertangkap selama penjaringan atau operasi pengerukan. Shirley Pomponi, pemimpin tim peneliti biologi mengatakan, ikan hantu yang ditemukan tersebut terlihat seperti Falkor. Falkor ialah naga berwarna putih dari The Neverending Story. Ekspedisi NOAA merupakan bagian dari proyek tiga tahun untuk menjelajahi Marine National Monument di Pasific.

BACA JUGA  Gak Nyangka! Ternyata Ini Alasan Kangguru Bisa Melompat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *