Terkuak! Inilah 5 Penyebab Zoom Tak Ada Suara Saat Konferensi

Terkuak! Inilah 5 Penyebab Zoom Tak Ada Suara Saat Konferensi

Saat adanya pandemi covid-19 zoom meeting menjadi salah satu applikasi paling populer bahkan aplikasi langsung masuk ke deretan aplikasi paling banyak diunduh di google play store dan app store.

Oleh sebab itu dalam artikel ini mimin akan coba mengulas salah satu masalah yang sering terjadi pada aplikasi zoom meeting ini yaitu sering kali saat menggunakan zoom para pengguna mengeluhkan tidak ada suara yang keluar. untuk mengatasi masalah tersebut yuk kita ulas apa sih sebenarnya penyebab zoom tidak ada suara.

5 Penyebab Kenapa Zoom Tidak Ada Suaranya

1. Bug pada aplikasi

Terkadang jika aplikasi Zoom sering dipakai untuk aktivitas sehari-hari yang melibatkan beberapa meeting atau conference, maka akan hadirkan bug tertentu yang bikin suara percakapan hilang. Untuk itu, sebaiknya kamu lakukan restart terhadap aplikasi Zoom dan login kembali di ruang meeting atau conference yang pada sebelumnya sedang diikuti.

2. Sistem operasi bermasalah

Akan tetapi jika cara restart masih menimbulkan masalah, maka kemungkinan besar suaranya hilang karena sistem operasi Windows, MacOS, Android, atau iOS sedang dalam kondisi enggak baik sehingga hilangkan koneksi audio dari speaker dan earphone terhadap aplikasi Zoom.

Untuk itu, mimin sarankan kamu untuk lakukan restart terhadap PC, laptop, MacBook, atau smartphone yang sedang kamu pakai. Pada umumnya sistem akan membaik kembali apabila telah lakukan restart dan suara akan terhubung dengan aplikasi Zoom.

3. Aktifkan fitur Join Audio Otomatis

Salah satu yang jadi salah satu faktor yang bikin enggak ada suara di Zoom karena fitur Join Audio enggak diaktifkan secara otomatis. Dengan kata lain, kamu kudu menekan tombol Join Audio setiap akan masuk ke dalam video meeting atau conference di aplikasi Zoom.

Akan tetapi terkadang kamu lupa untuk menekan tombol Join Audio sehingga akhirnya suara enggak muncul saat tengah melakukan konferensi. Untuk itu, mimin sarankan supaya kamu sebaiknya aktifkan fitur Automatically Join Audio yang ada di menu Settings pada aplikasi Zoom.

4. Matikan Mute dalam Meeting

Pada umumnya Host akan aktifkan fitur Mute untuk semua peserta yang hadir agar suara pembicara dapat terdengar secara fokus dan enggak terganggu oleh yang lainnya. Secara otomatis kamu harus mematikan fitur Mute di bagian kiri bawah aplikasi supaya suara bisa terdengar oleh orang lain pada saat berbicara di depan peserta Zoom.

5. Speaker atau Headset bermasalah

Enggak cuma aplikasi Zoom, terkadang speaker dari PC, laptop, atau smartphone bisa mendadak rusak sehingga bikin Zoom enggak terdengar suara sama sekali. Untuk itu, kamu bisa coba untuk melakukan pengecekan speaker beberapa kali untuk lebih meyakinkan apakah rusak atau tidak.

Jika speaker sedang rusak, maka kamu bisa memanfaatkan speaker eksternal atau headset untuk dapat dengarkan percakapan di aplikasi Zoom. Akan tetapi kamu kudu tetap memastikan jika Headset yang digunakan tidak bermasalah supaya suara percakapan di aplikasi Zoom jadi terdengar.