Tahukah Anda, Tikus Bernyanyi Saat Mencari Pacar
Sumber gambar: one

Tahukah Anda, Tikus Bernyanyi Saat Mencari Pacar?

Jika buaya di identikan dengan playboy, maka tikus bisa kita definisikan sebagai hewan yang sangat romantis, nah kenapa coba? Tikus dianggap sebagai hewan yang romantis karena ia akan bernyanyi saat sedang mencari pasangan loh. Gak percaya? Yuk kita lihat infonya.

Hasil penelitian yang dilakukan para ilmuwan menunjukkan mereka (tikus) membuat suara frekuensi tinggi unik menggunakan mekanisme yang sebelumnya baru teramati pada mesin jet supersonik.

menurut hasil penelitian yang diterbitkan jurnal Current Biology, tikus menggunakan mekanisme yang sama dengan mesin jet di dalam tenggorokan mereka untuk membuat siulan frekuensi tinggi. Dilansir University of Cambridge

Penelitian terbaru menemukan sebuah fakta saat tikus sedang bernyanyi, mereka (tikus) memakai mekanisme serupa yang terlihat pada mesin-mesin jet supersonik. “Tikus membuat ultrasound dengan cara yang belum pernah ditemukan sebelumnya pada binatang,” kata penulis utara studi itu, Elena Mahrt dari Washington State University.

Sebelumnya, nyanyian tersebut diduga hasil mekanisme serupa cerek teh atau resonansi yang disebabkan oleh vibrasi pita suara. Namun, Faktanya dua hipotesis itu tidak ada yang benar. Tikus mengarahkan pancaran udara kecil yang datang dari dinding bagian dalam laring pada tenggorokan, menyebabkan resonansi dan menghasilkan siulan ultrasonik.

Menggunakan video berkecepatan ultratinggi 100 ribu rame per detik, para peneliti menunjukkan adanya lipatan vokal yang tak terdengar manusia saat suara itu keluar dari laring tikus.