Cara Edit Video di Laptop Menggunakan Movie Makker
Sumber gambar: youtube

Cara Edit Video di Laptop Menggunakan Movie Makker

Editing video merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan bagi para content creator. Beragam software dan aplikasi video pun banyak menyediakan pilihan-pilihan editing hingga level expert. Nah, bagi kamu yang baru belajar editing, berikut akan diuraikan cara edit video di laptop menggunakan Windows Movie Makker.

Tentunya, selain mudah digunakan Aplikasi Movie Makker juga memiliki beragam ftur yang dapat melengkapi video kamu. Terpenting, hasil video yang kamu edit pun bisa langsung di share ke platform media sosial yang kamu inginkan.

Berikut Uraian Cara Mengedit Video Menggunakan Movie Makker

Berikut adalah step by step cara edit video di laptop menggunakan Movie Makker. Perhatikan step by stepnya di bawah ini:

  1. Impor Video

Cara Edit Video di Laptop Menggunakan Movie Makker
Sumber gambar: serba serbi ilmu elektro

Sebelum mengenali fitur-fitur editing pada Movie Makker, kamu harus bisa mengimpor video kedalam Movie Makker terlebih dahulu. Adapun cara untuk impor video adalah sebagai berikut:

  • Impor video dari laptop dapat dilakukan dengan cara klik “add videos and photos” pada layar storyboard kamu
  • Selanjutnya akan muncul tampilan berkas. kamu hanya perlu mencari berkas letak penyimpanan video yang akan kamu edit. Kemudian klik pada judul video tersebut dan pilih enter. Maka video akan terimpor dengan otomatis ke layar kerja kamu
  1. Menambahkan Judul

Untuk menambahkan judul pada video, kamu dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Klik “home” pada jendela layar kerja
  • Kemudian, pilihkan menu “title” dan klik enter. Maka secara otomatis akan muncul tampilan sebuah halaman hitam di story board video kamu
  • Untuk menambahkan judul, kamu hanya perlu mengetikkan judul yang sesuai dengan keinginan kamu pada halaman kotak hitam tersebut
  • Setelah selesai kamu bisa save dengan cara menekan ctrl+s pada keyboar atau pun dengan mengklik sembarang tempat di luar area storyboard
  1. Cara Edit Video Untuk Menambahkan Teks

Cara Edit Video di Laptop Menggunakan Movie Makker
Sumber gambar: Microsoft Windows

Menambahkan teks pada video, dapat dilakukan dengan cara yang sama untuk menambahkan judul seperti yang dibahas di poin kedua. Hanya saja terdapat perbedaan dimana kamu harus memilih “caption” sebagai pengganti opsi “title”.

Maka, secara otomatis akan muncul halaman dialog panjang berwarna hitam di sepanjang video yang kamu maksudkan.

  1. Memotong Klip

Cara edit video di laptop menggunakan Movie Makker selanjutnya yang akan dibahas adalah cara memotong klip pada video yang akan diedit. Cara dan langkah memotong klip pada video adalah sebagai berikut:

  • Pertama, pilih menu video kemudian klik pada opsi edit
  • Kedua, akan muncul fitur tool split pada video yang kamu edit
  • Ketiga, split atau bagi-bagilah video yang kamu edit agar sesuai dengan selera yang diinginkan. Untuk split video, kamu dapat menarik klip dari ujung kiri ke ujung kanan ataupun sebaliknya.
  1. Menambahkan Transisi dan Efek Visual

Menambahkan Transisi dan Efek Visual
Sumber gambar: Microsoft rilis

Menambahkan transisi pada video yang kamu edit dapat dilakukan dengan cara memilih bagian video yang kamu inginkan. Kemudian klik tab animasi yang terdapat pada jendela toolbar. kamu pun dapat mencoba transisi yang sesuai dengan video kamu. Setelah menemukan transisi yang sesuai klik enter atau klik sembarang tempat di luar storyboard.

Sedangkan untuk menambahkan efek visual, kamu dapat memilih “visual effect” pada bagian jendela toolbar. Tentunya, terdapat banyak opsi visual effect yang dapat kamu pilih untuk menyempurnakan video kamu.

Demikianlah, langkah-langkah  cara edit video di laptop menggunakan Movie Mekker. Selain mudah digunakan, aplikasi Movie Mekker juga memiliki banyak fitur-fitur menarik yang cocok digunakan untuk mengedit video agar sesuai dengan apa yang kamu inginkan.