Inilah Cara Hapus Akun Google di Laptop dengan Gampang

Google merupakan salah satu layanan internet dalam berbagai bidang yang banyak digunakan orang. Ada yang memiliki akun Google sekunder atau lebih dari satu karena alasan tertentu. Terkadang akun ini akan dihapus ketika sudah tidak digunakan. Jika mau melakukan hal ini, ada berbagai cara hapus akun Google di laptop dengan gampang.

Sangat disayangkan ketika sebuah akun Google dihapus. Hal ini membuat layanan yang bisa didapatkan dari akun tersebut juga hilang. Jadi, pikirkan dulu matang-matang sebelum menghapus akun Google agar tidak menyesal.

Cermati Cara Hapus Akun Google di Laptop secara Mudah

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan menghapus akun Google. Seperti data-data penting yang ada di dalamnya dan juga riwayat pemakaian layanan. Lakukanlah backup terlebih dahulu agar aman untuk kedepannya. Jika data-data penting yang ada sudah dibackup, perhatian cara hapus akun Google di Laptop berikut ini dengan cermat.

  1. Pastikan Sudah Login ke Akun Google di Browser

Pastikan Sudah Login ke Akun Google di Browser
Sumber gambar: koesrow

Memastikan sudah login Akun Google di browser laptop adalah hal pertama yang harus dicermati. Hal ini dikarenakan proses penghapusan Akun Google hanya bisa dilakukan lewat pengaturannya. Untuk masuk ke pengaturan Google, maka harus login ke akunnya dulu.

Jika sudah login Akun Google, maka proses penghapusan akan lebih cepat karena tinggal membuka pengaturan saja. Jika belum, loginlah terlebih dahulu ke akun tersebut di browser laptop. Pastikan juga email dan password terisi dengan benar agar bisa segera login ke akun Google.

  1. Backup Dulu Data-Data Penting di Akun Google

Pastikan Sudah Login ke Akun Google di Browser
Sumber gambar: envato tuts

Membackup data menjadi salah satu cara hapus akun Google di Laptop yang harus diperhatikan. Hal ini dikarenakan terdapat banyak data-data penting yang biasanya masih tersimpan di akun Google. Jadi, periksalah berbagai layanan yang tersinkron dengan akun Google untuk memeriksa apakah ada data penting atau tidak. Jika ada, sebaiknya dibackup terlebih dahulu

Agar proses backup lebih cepat, bukalah pengaturan akun Google. Kemudian, buka menu ‘Info pribadi & privasi. Setelah itu, pilihlah opsi ‘Kontrol Konten’ dan klik tombol ‘Buat arsip’.

Di dalamnya, terdapat berbagai layanan Google yang bisa dibackup. Proses backup ini terdiri dari 2 cara. Cara pertama menggunakan mode penyimpanan jenis cloud, sedangkan cara kedua dengan download secara langsung.

  1. Cara Hapus Akun Google di Laptop

Hapus Akun Google di Laptop
Sumber gambar: gadgetren

Setelah memastikan data-data di akun Google telah dibackup, maka proses penghapusan akun bisa dilakukan. Bukalah pengaturan akun google melalui browser laptop. Kemudian pilih opsi ‘Hapus akun atau jasa’ dan pilih lagi opsi ’Hapus akun Google dan data’.

Akan ada notifikasi untuk memasukkan password akun Google.  Selanjutnya, akan muncul pernyataan penghapusan akun Google yang harus diperhatikan.

Pernyataan tersebut berisi pilihan untuk mengamankan data dan juga resiko kehilangan akses ke layanan Google. Jika sudah yakin, centang kedua opsi paling bawah untuk menyetujui pernyataan tersebut. Terakhir, pilihlah tombol ‘Hapus Akun’. Setelah tombol tersebut dipilih, akun Google beserta data-data yang ada di dalamnya akan terhapus secara permanen.

Ketiga cara hapus akun Google di Laptop yang sudah dibahas tadi harus diperhatikan dengan baik. Pastikan lagi mengenai berbagai resiko yang ada ketika menghapus akun Google. Selain itu, amankan juga data-data penting yang ada di dalam akun agar tidak ikut terhapus. Lakukan hal tersebut agar tidak ada penyesalan untuk ke depannya. Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar