Ketahui Berbagai Macam Cara Hapus Aplikasi di Laptop secara Gampang

Terkadang ada berbagai aplikasi di laptop yang hanya bisa memenuhi penyimpanan dalam hard disk internal. Jika kapasitas hard disk laptop penuh, maka kinerjanya akan menurun. Kinerjanya yang menurun dapat dilihat saat laptop beroperasi dengan lambat daripada biasanya. Hal ini tentu mengganggu pemakaian penggunanya. Jadi, mengetahui cara hapus aplikasi di laptop menjadi sangat penting.

Jika aplikasi yang jarang digunakan ataupun tidak berguna di laptop dihapus, kinerjanya akan naik. Laptop akan beroperasi dengan lebih cepat sehingga pemakaian dari penggunanya tidak akan terganggu.

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Windows

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Windows
Sumber gambar: it journal

Tidak sulit untuk  melakukan uninstall atau hapus aplikasi di laptop, baik itu laptop Windows 7, 8  ataupun Windows 10. Hanya saja, memang tidak semua pengguna mengetahuinya, khususnya mereka yang masih awam dalam dunia komputer. Tidak perlu bingung, karena pada artikel kali ini akan dibahas secara lengkap cara untuk hapus aplikasi di laptop tersebu.

Adapun cara uninstall aplikasi di laptop windows selengkapnya, sebagai berikut:

1. Uninstall Aplikasi di Laptop Windows 7

Uninstall Aplikasi di Laptop Windows 7
Sumber gambar: winpoin

Sangat mudah untuk melakukan penghapusan atau uninstall software di Windows 7, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda buka menu Control Panel di laptop. Caranya klik Logo Windows yang ada di pojok kiri bawah, kemudian klik pada menu Control Panel.
  • Pada jendela Control Panel tersebut, selanjutnya Anda masuk ke opsi Programs.
  • Kemudian klik pada opsi Programs and Features.
  • Di sana akan ditampilkan berbagai software atau aplikasi yang terinstall di perangkat laptop. Sekarang Anda cari dan klik pada aplikasi yang ingin diuninstall.
  • Selanjutnya klik tombol Uninstall yang ada di bagian atas tampilan.
  • Tinggal tunggu sampai proses uninstall aplikasi selesai dilakukan. Jika memang muncul jendela baru, tinggal Anda ikuti saja instruksinya sampai aplikasi berhasil diuninstall.
  • Selesai

2. Uninstall Aplikasi di Laptop Windows 8 dan 8.1

Uninstall Aplikasi di Laptop Windows 8 dan 8.1
Sumber gambar: carisinyal

Sementara Anda pengguna Windows 8 dan 8.1, beda lagi cara untuk melakukan penghapusan Aplikasi di dalamnya. Mengingat tampilan antarmuka Windows 8 dan 8.1 lebih mirip seperti tampilan mobile. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda klik menu Start yang ada di pojok kiri bawah tampilan.
  • Kemudian Anda cari opsi Program and Features.
  • Pada jendela Program and Features tersebut Anda cari aplikasi yang ingin dihapus atau uninstall.
  • Klik kanan pada aplikasi tersebut, kemudian pilih opsi Uninstall.
  • Tunggu sampai proses uninstall aplikasi selesai dilakukan.

3. Uninstall Aplikasi di Laptop Windows 10

Uninstall Aplikasi di Laptop Windows 10
Sumber gambar: kumpulan catatan

Sebenarnya hampir sama cara uninstall aplikasi di Windows 8 dan Windows 10. Hanya saja tampilan antarmuka di Windows 10 lebih disempurnakan dan juga fiturnya lebih lengkap. Untuk melakukan uninstall aplikasi di Windows 10 selengkapnya, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda klik menu Start yang ada di pojok kiri bawah tampilan.
  • Kemudian pilih menu Settings.
  • Pada jendela menu Settings Anda masuk ke opsi Apps & Features.
  • Di bilah kanan terdapat list aplikasi yang terinstall di laptop Anda.
  • Sekarang Anda cari aplikasi yang ingin diuninstall, kemudian klik pada aplikasi tersebut.
  • Selanjutnya klik pada tombol Uninstall dan ikuti instruksinya sampai aplikasi berhasil dihapus.

Cara Hapus Aplikasi di Laptop Lainnya

Hapus Aplikasi di Laptop
Sumber gambar: gadgetren

Ada empat macam cara hapus aplikasi di laptop yang sangat mudah untuk digunakan. Ada yang menggunakan fitur dari laptop maupun bantuan dari aplikasi pihak ketiga. Keempat cara ini sangat mudah untuk dipraktikkan sendiri secara langsung. Jadi, perhatikan keempat cara untuk menghapus aplikasi di laptop berikut ini agar bisa langsung mempraktikkannya.

  1. Menggunakan Fitur Settings

Menghapus aplikasi menggunakan fitur settings cukup mudah. Hal ini dikarenakan semua aplikasi yang terinstall di laptop ditampilkan semua pada settings. Jadi, aplikasi yang akan dihapus dapat dicari dan dihapus dengan mudah.

Langkah pertama untuk menghapus aplikasi di laptop dengan settings adalah membuka menu settings pada start menu. Setelah itu, pilih opsi ‘search apps’ kemudian klik ‘app sizes’. Akan muncul semua aplikasi yang terinstall. Cukup klik aplikasi yang ingin dihapus kemudian pilih opsi ‘uninstall’. Aplikasi akan terhapus dari laptop secara permanen.

  1. Cara Hapus Aplikasi Dengan Bantuan Aplikasi Pihak Ketiga

Menggunakan bantuan pihak ketiga adalah salah satu cara hapus aplikasi di laptop yang mudah dan simpel. Terdapat berbagai aplikasi pihak ketiga yang siap membantu untuk menghapus aplikasi yang tidak berguna di laptop. Aplikasi ini bisa didownload dan diinstall secara gratis.

Sebelum menggunakan software penghapus aplikasi periksa terlebih dahulu keamanan, sehingga tidak berdampak buruk untuk kinerja laptop. Beberapa rekomendasi terbaiknya sebagai berikut:

  • IObit Uninstaller
IObit Uninstaller
Sumber gambar: softonik

Pertama, admin merekomendasikan Anda untuk menginstall aplikasi IObit Uninstaller. Software ini mampu menampilkan semua aplikasi yang terpasang di laptop secara lengkap. Kemampuannya bukan hanya sebatas itu, ia juga bisa mencari aplikasi yang memakai ruang penyimpanan terbanyak dan jarang digunakan.

Menghapus aplikasi dengan IObit Uninstaller sangatlah cepat, karena tersedia fitur shortcuts menus. Nah, Anda cukup klik kanan pada program yang ingin dihapus, kemudian tinggal hapus saja. IObit Uninstaller juga bisa melacak registri dan file system yang masih tertinggal, lalu membersihkannya.

Ini dia jawaban dari cara menghapus aplikasi di laptop sampai bersih, yaitu menggunakan IObit Uninstaller. Bahkan untuk menghapus aplikasi yang sedang berjalan sekalipun juga bisa lho.

 

  • Revo Uninstaller
IObit Uninstaller
Sumber gambar: revo uninstall

Tidak kalah bagus dari aplikasi sebelumnya, Revo Uninstaller juga menawarkan paket komplit dan canggih. Ada dua opsi untuk menginstall Revo Uninstaller, yaitu secara portable dan reguler. Tinggal pilih sesuai kebutuhan saja. Nantinya, aplikasi ini akan menghapus suatu program memanfaatkan uninstaller bawaan program tersebut.

Setelah itu, proses dilanjutkan dengan memindai folder, registri dan file yang masih tertinggal untuk dihapus sampai benar-benar bersih. Tersedia pula fitur Force Uninstall, berfungsi menghapus program membandel atau yang tidak terdeteksi oleh sistem Windows.

Fitur Junk files Cleaner untuk membersihkan file-file sampah yang tidak dibutuhkan lagi oleh Windows. Menghapus beberapa program sekaligus dan fitur Evidence Remover yang akan menghapus leftover (registri, folder dan file sampah) sehingga tidak bisa dikembalikan lagi.

  • Absolute Uninstaller

Terakhir, ada Absolute Uninstaller yang terbukti ampuh dan cepat menghapus aplikasi, sekaligus sisa-sisa sampah yang tidak valid. Software ini juga dilengkapi kemampuan menghapus lebih dari satu aplikasi, memperbaiki entri program invalid, mengubah program properties dan masih banyak lagi.

  1. Melalui Direktori Penyimpanan Aplikasi

Cara ini sangat spesifik untuk beberapa aplikasi. Tidak semua aplikasi bisa dihapus menggunakan cara ini. Untuk menggunakannya, pilih aplikasi yang akan dihapus dengan mengklik kanan ikonnya di desktop. Setelah itu pilih opsi ‘open file location’. Direktori penyimpanan aplikasi akan terbuka dan cari file uninstall yang ada di sana untuk menghapusnya.

Menghapus aplikasi juga bisa dilakukan melalui start menu. Cukup buka start menu, klik kanan pada aplikasi yang ingin dihapus, dan klik ‘uninstall’.

Keempat cara hapus aplikasi di laptop tadi dapat dipraktikkan secara langsung. Lakukanlah cara-cara ini jika di laptop terdapat berbagai aplikasi yang jarang digunakan atau tidak berguna. Jika aplikasi tersebut dihapus, penyimpanan dalam laptop tidak akan terisi penuh.

Dengan demikian, performa laptop bisa meningkat dan tidak ada masalah lagi dalam pengoperasiannya. Bekerja, sekolah dan kegiatan lain menjadi lebih lancar.