Geger! google Perintahkan Kamu Update Chrome, Kenapa?

Google chrome merupakan salah satu browser atau aplikasi search engine yang sangat populer dikalangan pengguna perangkat elektronik. karena mempunyai kecepatan yang sangat cepat dibandingkan dengan aplikasi browser lain.

Berbicara mengenai aplikasi google chrome, baru baru ini google telah memerintahkan para pengguna untuk segera update aplikasi google chrome ke versi terbaru salah satu alasannya yaitu Google telah menemukan 25 kerentanan baru. Temuan itu bahkan cuma berselang dalam dua minggu terakhir saja. Dari jumlah ini tujuh kerentanan masuk dalam tingkat Tinggi. Seluruh pengguna dari Linux, macOS, dan Windows terpengaruh karena hal tersebut.

Dalam laporan terbarunya, Chrome ternyata telah mengalami sebuah masalah lebih lanjut. Ini terjadi setelah banyak laporan dari pengguna yang membenarkan jika versi 96 terbaru ternyata telah memutus akses ke situs besar seperti Instagram, Twitter, serta Discord. Bahkan Sejumlah pengguna telah memperoleh pesan: “Ada yang tidak beres, coba muat ulang” (“Something went wrong. Try reloading”).

Akan tetapi saat pages dimuat ulang, pengguna akan kehilangan sejumlah elemen kunci seperti gambar, video dan page yang di-render dengan warna yang salah.Pihak Google telah konfirmasi masalah tersebut. “Kami terus melihat laporan pengguna soal perilaku ini, termasuk laporan dari tim sosial kami,” kata product manager Google, Craig Tumblison, dikutip Forbes, Kamis (18/11/2021).

Forbes juga telah menuliskan jika sejumlah solusi telah dicoba dan menonaktifkan fitur embedded baru yang diperkenalkan di Chrome 96 yakni chrome://flags/#cross-origin-embedder-policy-credentialless, telah meningkatkan banyak hal untuk beberapa pengguna.

Google telah merilis pembaruan (update) besar terbaru dalam versi 96.0.4664.45. Akan tetapi Forbes juga ingatkan perusahaan telah menyatakan akan pembaruan diluncurkan dalam beberapa hari atau minggu lagi, itu berarti kamu tak akan bisa segera melindungi diri.

Kamu dapat memeriksa apakah terlindungi, bisa masuk ke Settings > Help > About Google Chrome. Jika browser Chrome terdaftar sebagai 96.0.4664.45 atau lebih tinggi artinya sudah aman. Forbes pula menambahkan bila update  belum terdapat untuk browser pastikan selalu melakukan pengecekan.