Tips & Trik Hemat Baterai saat Lowbat

Hampir semua kalangan masyarakat sudah mempunyai smartphone android, dari orang dewasa sampai anak anak pasti sudah menggunakan ponsel pintar ini untuk sekedar bermain game atau bahkan banyak pula yang memakai barang elektronik ini sebagai alat untuk berkerja.

Namun, tak jarang para pengguna yang mengeluhkan borosnya baterai padahal kapasitas memori yang cukup besar. Baterai terkuras karena berbagai macam aplikasi yang diinstal seperti aplikasi chatting bahkan game online.

Kendati demikian, kali ini teknohits akan membagikan info Tips & Trik Hemat Baterai saat Lowbat. Yuk kita simak. dilansir dari Pcmag

 

Setting Aplikasi

Arahkan ke menu Settings -> Battery untuk melihat rincian aplikasi mana yang mengonsumsi baterai ponsel. Rata-rata aplikasi yang menguras daya baterai sangat besar adalah aplikasi social media dan chating, jadi lebih baik matikan atau disable saja aplikasi yang tidak bisa dipakai.

 

Hentikan Email, Twitter, dan Facebook

Beberapa aplikasi bisa mengonsumsi daya baterai yang tinggi. Untuk sementara waktu, hentikan terlebih dahulu beberapa aplikasi seperti email, Twitter atau Facebook. Dengan begitu, pengguna akan langsung memperpanjang hidup baterai di perangkat Anda.

 

Notifikasi

Dengan menonaktifkan notifikasi merupakan langkah penting untuk menjaga agar baterai Android tetap awet. Sebab setiap notifikasi tidak penting dari aplikasi atau game rata-rata terhubung dengan internet, sehingga akan menyedot daya baterai.

 

Pakai Mode Hemat Daya Tambahan

Dengan menggunakan fitur power saving dan power saving mode ekstrem, memungkinkan smartphone lebih tahan lama saat di kondisi lowbat. Fitur ini biasanya aktif saat persentase baterai tinggal beberapa persen lagi.

 

Home Screen Widgets dan Live Wallpaper

Fitur live wallpaper akan menyedot baterai secara cepat, sehingga daya tahan baterainya akan berkurang. Maka dari itu, agar baterai awet, disarankan memakai wallpaper statis atau tidak bergerak.

 

Kecerahan Layar

Mengatur kecerahan layar sangat efektif untuk menghemat daya baterai Android. Semakin terang layar, maka semakin besar baterai yang disedot, terlebih layar tersebut memiliki resolusi full HD atau quad HD.

 

Matikan WiFi

Agar tidak menguras baterai, dan cepat habis, gunakan koneksi WiFi seperlunya saja. Kalau sudah selesai matikan WiFi, dan disarankan menggunakan jaringan 3G atau 4G. Cara ini dinilai penting, sebab secara otomatis akan terus mengurangi daya baterai yang cukup besar.