5 Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Mudah & Anti Ribet

5 Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Mudah & Anti Ribet

Hallo sobat teknohits di manapun kamu berada. kembali lagi bersama mimin disini yang akan selalu memberikan sebuah info menarik seputar dunia teknologi dan pada kesempatan kali ini mimin akan mengulas cara mengatasi laptop lemot dengan mudah dan anti ribet. cara itu bisa kamu lakukan tentunya jika kamu merasa laptop kamu sudah terasa lamban dan tidak lancar seperti biasa saat sedang digunakan.

5 Cara Mengatasi Laptop Lemot

1. Gunakan Antivirus

Alasan yang paling sering ditemui saat laptop jadi lemot yaitu sebab terserang virus atau malware. Untuk cegah penurunan performa laptop, usahakan kamu kudu memasang antivirus terbaik untuk hindari serangan dari segala macam virus. Pastikan kamu selalu mengeceknya secara rutin dan lakukan update pada antivirus. Hal tersebut dilakukan supaya antivirus bisa terus baca berbagai macam virus yang ingin menyerang laptop.

2. Gunakan Aplikasi Sesuai Spesifikasi Laptop

Saat mau membeli laptop, pastikan kamu sudah ketahui spesifikasi laptop yang akan dibeli. Dengan begitu, kamu dapat menyesuaikan dengan penggunaan sehari-hari. Terdapat laptop yang memang dikhususkan untuk support game dengan RAM besar atau laptop yang dibutuhkan untuk para editor video dan desain grafis.

Terdapat pula laptop yang dapat dibeli dengan harga murah namun memang dikhususkan untuk penggunaan aplikasi yang tidak berat saja seperti penggunaan anak sekolah. Untuk hindari kinerja laptop yang lemot, gunakan aplikasi sesuai dengan spesifikasi laptop kamu. Pilih aplikasi yang spesifikasinya lebih rendah sehingga tak akan bikin laptop kamu lemot.

3. Uninstall Aplikasi Tidak Digunakan

Menginstal aplikasi yang terlalu banyak bisa menjadi penyebab kinerja laptop menurun dan membuat lemot. Supaya laptop tak lemot, kamu harus menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak dibutuhkan. Kapasitas Drive C yang penuh akan bikin sistem pada laptop menjadi lebih lama saat membaca hard disk.

VIRAL :  7 Laptop untuk Arsitek Terbaik 2019

Kamu tinggal pakai aplikasi sesuai dengan kebutuhan kamu. Akan sangat disayangkan apabila memori laptop penuh hanya karena aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan. Ini merupakan sebuah cara mengatasi laptop lemot tanpa harus menggunakan teknik atau software khusus. Kamu dapat atasi dan mengembalikan kinerja laptop.

4. Bersihkan Desktop dan Aplikasi Saat Startup

Simpan banyak aplikasi di desktop bisa menyebabkan laptop jadi lemot. Bila spesifikasi laptop mendukung, maka hal ini tidak akan menjadi masalah besar. Akan tetapi, terkadang menyimpan terlalu banyak aplikasi pada desktop akan menyebabkan laptop lama dalam merespon perintah user.

Bukan cuma itu, usahakan jangan terlalu banyak aplikasi yang berjalan saat laptop startup. Kamu dapat mematikan beberapa aplikasi tertentu dengan membuka task manager, lalu pilih startup. Setelah itu, lihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan di laptop kamu saat laptop baru dinyalakan. Usahakan jangan terlalu banyak aplikasi yang berjalan, karena aplikasi tersebut akan working in background dan diam-diam memakan kapasitas RAM.

5. Tambah RAM

Bila kamu membeli laptop dengan kapasitas RAM yang rendah seperti 4 GB, kamu dapat menambahkannya menjadi RAM 8 GB atau RAM 16 GB. Hal tersebut akan membantu kinerja laptop lebih cepat dan tak gampang lemot. Saat menambahkan RAM, perhatikan juga spesifikasi RAM (RAM DDR3, RAM DDR3L atau RAM DDR4). Jangan lupa untuk mencari tahu berapa kapasitas maksimal RAM yang bisa diaplikasikan pada laptop kamu.