Meski Berguna, Tapi Metadata Bisa Bikin Pengguna iPhone Khawatir, Kenapa?

Meski Berguna, Tapi Metadata Bisa Bikin Pengguna iPhone Khawatir, Kenapa?

Hallo sobat teknohits kali ini mimin akan coba mengulas info menarik khusus untuk kamu pengguna iPhone. karena pada artikel kali ini mimin akan coba mengulas mengenai metadata. Tahukah kamu apa itu metadata? Jika kamu terus pantengin teknohits pasti sudah tidak asing dengan istilah ini karena pada artikel sebelumnya mimin sudah mengulas metadata di perangkat smartphone.

Akan tetapi. jika kamu terlewat metadata merupakan sebuah data yang terkumpul karena aktivitas yang kamu lakukan di dalam smartphone salah satunya adalah setiap foto yang kang ambil di perangkat iPhone itu bukan cuma akan menjadi sebuah gambar. Karena akan ada sejumlah data yang tersimpan dan itu disebut metadata.

Metadata berisi sebuah informasi deskriptif yang membuat setiap gambar unik, termasuk tanggal pembuatan, informasi dan pengaturan kamera serta lokasi pengguna, dikutip Selasa (23/11/2021).

Akan tetapi metadata ini seperti dua sisi mata uang. Di satu sisi sangat berguna untuk mengidentifikasi foto dengan cepat dan mengaturnya. contohnya saja mengelompokkan foto berdasarkan tanggal pengambilan atau iOS yang dapat membuat video berdasarkan kenangan saat liburan.

Tapi di satu sisi, metadata dapat membuat sebuah masalah privasi jika ada di tangan yang salah. Jika informasi jatuh ke pelaku kejahatan, maka mereka bisa menemukan lokasi pemegang iPhone dan di mana tempat tinggalnya. Sebagai pengguna iPhone, kamu dapat menghapus pengaturan lokasi foto. Berikut caranya:

1. Pada aplikasi Photos, masuk ke foto yang mau disesuaikan.

2. Lalu swipe up pada foto atau klik tombol (i) atau info untuk melihat informasi foto.

3. Selanjutnya, klik Adjust di kanan bawah map. Cara ini akan menunjukkan alamat atau lokasi persis saat foto diambil.

VIRAL :  Cara Mudah Isi Ulang Saldo Kartu Flazz BCA via Smartphone

4. Langkah terakhir, klik No Location. Berikutnya akan diarahkan kembali ke informasi foto, yaitu map (peta) akan menghilang dan metadata lokasi akan hilang.

Selain bisa hilangkan metadata, kamu pula dapat memalsukan informasi tersebut. Jadi akan ada lokasi lain saat mengambil sebuah foto. Jika kamu tertarik melakukan spoofing, berikut caranya:

1. Masuk lagi ke aplikasi Photos. Pilih foto dan swipe up untuk melihat informasi foto.

2. Pada peta yang muncul, klik Adjust.

3. Di bagian atas Adjust Location, masukkan lokasi atau alamat pada area pencarian. Saat kamu ketik sebuah wilayah maka akan ada saran di bagian bawahnya.

4. Pilih lokasi yang ingin ada dalam foto. Nantinya lokasi ini akan tersimpan dalam metadata.