Inilah Cara backup data WhatsApp di Google Drive | Histori Pulih

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi pesan singkat yang sangat populer beberapa tahun ini, Bahkan aplikasi yang mempunyai markas besar di California, Amerika Serikat ini telah sukses membuat blackberry messenger gulung tikar setelah sekian lama mendominasi pasar aplikasi pesan singkat di dunia.

Oleh sebab itu dalam artikel ini mimin akan coba mengulas salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mencadangkan data whatsapp kamu menggunakan bantuan dari Google Drive. Cara ini bisa kamu gunakan dengan mudah dan anti ribet.

Seperti yang kamu tahu, backup data merupakan sebuah aktivitas atau proses duplikasi dan menyalin suatu data dari satu perangkat ke media penyimpanan kedua. Dalam hal ini, saat ini mimin akan membahas salinan data dari WhatsApp ke Google Drive.

Mem-backup data di mana pun jadi sebuah langkah yang tepat untuk melindungi berkas atau data yang dimiliki. Saat sesuatu dan lain hal menyebabkan kerusakan di perangkat, data-data menjadi aman dan tetap bisa digunakan meski berpindah perangkat.

1. Buka aplikasi WhatsApp seperti biasa.

2. Pada bagian atas, klik titik tiga lalu pilih pengaturan.

3. Pilih menu Chat lalu pilih Chat Backup.

4. Setelah itu, pilih Cadangkan ke Google Drive.

5. Lakukan pengaturan frekuensi pencadangan, pilih akun Google, lalu izinkan (Allow).

6. Saat akun WhatsApp sudah terhubung dengan Google Drive, langsung klik Backup.

7. Tunggu sampai proses backup selesai. Secara otomatis, semua pesan akan di-backup ke Google Drive.

Perhatikan pula jika proses backup bisa saja gagal. Hal tersebut dapat disebabkan oleh koneksi internet yang buruk atau tiba-tiba putus. Bila WhatsApp tidak mendeteksi adanya cadangan secara otomatis, dapat jadi karena tak terhubung dengan akun Google yang sama. 

Bisa juga disebabkan oleh penggunaan nomor ponsel yang tidak sama dengan nomor yang digunakan untuk membuat cadangan. Yang harus kamu lakukan yaitu dengan memastikan jika akun Google atau nomor ponsel harus sama agar semua pesan lama dapat diakses dan diakses lagi.