5 Tips dan Cara Memilih Laptop untuk Kerja Dengan Tepat

Laptop merupakan salah satu barang wajib yang harus kamu miliki untuk bekerja; terutama jika kamu bekerja di sektor perkantoran. Laptop dikenal mampu meningkatkan nilai efektivitas lantaran mudah digunakan dan dapat dibawa kemana-mana untuk bekerja. Namun, bagaimanakah cara memilih laptop untuk kerja?

Nah, berikut akan dibahas tips dan cara dalam memilih laptop yang tepat untuk kamu gunakan bekerja. Simak uraiannya berikut ini.

 

Cara Memilih Laptop Untuk Kerja Yang Penting Diperhatikan

  1. Sesuaikan Budget Pembelian Laptop

Tips dan Cara Memilih Laptop untuk Kerja Dengan Tepat
Sumber gambar: blog dimensi data

Tips yang pertama, baiknya sebelum membeli laptop baru kamu harus menyesuaikan budget terlebih dahulu. Pasalnya harga laptop di pasaran tidaklah murah. Nah, untuk menyesuaikan budget pembelian laptop, kamu bisa mengatur keuangan kamu dengan perhitungan neraca sederhana.

Lebih lanjut, kamu dapat membuat neraca sederhana dengan pencatatan pada kolom pemasukan dan pengeluaran. Jika dirasa kamu memiliki budget yang lebih maka tak ada salahnya memilih laptop dengan harga yang relatif mahal. Dan sebaliknya laptop dengan harga yang terjangkau bukan berarti memiliki spesifikasi yang rendah pula.

  1. Pilih Spesifikasi Laptop

Tips cara memilih laptop untuk kerja selanjutnya, kamu harus mengetahui macam dan jenis laptop yang cocok sebagai laptop kerja. Tentunya setiap seri laptop yang dikeluarkan telah memiliki penggemarnya masing-masing.

Namun meskipun demikian, penting bagi kamu untuk menilai dan mengetahui spesifikasi laptop yang akan kamu beli sebelumnya. Mulai mengumpulkan informasi terkait spesifikasi laptop model terbaru juga merupakan pilihan yang tepat.

  1. Cara Memilih Laptop Dengan Mempertimbangkan Ukurannya

Tips dan Cara Memilih Laptop untuk Kerja Dengan Tepat
Sumber gambar: idn times

Laptop memiliki ukuran layar yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Ukuran layar laptop yang umum untuk diketahui adalah 11 sampai 17 inchi. Memilih layar laptop yang akan kamu beli juga merupakan keputusan yang tidak boleh asal-asalan.

Hal ini lantaran, ukuran layar tertentu akan mempengaruhi tingkat kenyamanan kamu. Terutama kenyamanan penglihatan. Pada umumnya, laptop yang digunakan untuk bekerja memiliki ukuran 13 sampai 14 inchi. Ukuran tersebut dinilai ideal lantaran cukup mudah untuk dibawa kemana-mana dan nyaman di mata.

  1. Sesuaikan Pemilihan Keyboard Laptop

Tips dan Cara Memilih Laptop untuk Kerja Dengan Tepat
Sumber gambar: idn times

Cara memilih laptop untuk kerja selanjutnya adalah menyesuaikan keyboard dengan laptop. Setiap laptop tentunya telah di desain dengan desain yang menjadi ciri khasnya. Tak jarang, satu laptop dengan lainnya akan nampak memiliki keyboard yang berbeda (meskipun letak barisannya sama).

Oleh karenanya, mempertimbangkan ukuran dan bentuk dari keyboard laptop juga merupakan langkah yang harus kamu pahami. Terutama, bagi pekerja kantor bidang administrasi. Tentunya akan banyak mengerjakan file-file pencatatan yang membutuhkan dukungan keyboard yang nyaman.

  1. Perhatikan Daya Tahan Batrai Laptop

Terakhir, memperhatikan daya tahan dan batrai laptop merupakan suatu keharusan mutlak sebelum membeli laptop. Jika kamu membeli laptop pre loved, pastikan dengan teliti apakah fungsi daya tahan batrai memang berfungsi secara maksimal atau tidak.

Tentunya akan sangat merepotkan apabila di setiap meeting, kamu harus menyesuaikan posisi karena men-charge laptop bukan? Belum lagi kamu juga bisa saja dihadapkan pada situasi dimana kamu harus mengerjakan pekerjaan kantor di tempat-tempat yang tak terduga sebelumnya.

Dengan kata lain, kamu harus pandai dalam memilih laptop dengan daya tahan batrai yang kuat. Jangan sampai laptop yang seharusnya memudahkan pekerjaan kamu malah menjadi boomerang yang menghambat.

Demikianlah, 5 tips dan cara memilih laptop untuk kerja. Dengan laptop yang sesuai tentunya pekerjaan akan terasa lebih ringan. Dengan demikian, sangat penting memiliki laptop yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kamu.

Tinggalkan komentar