Cara Memindahkan Aplikasi dari HP ke Laptop secara Gampang
Sumber gambar: androbuntu

5 Cara Memindahkan Aplikasi dari HP ke Laptop secara Gampang

Untuk kebutuhan tertentu, aplikasi yang ada di HP harus dipindahkan ke laptop. Salah satunya karena memori internal yang terbatas, namun aplikasi menyimpan berbagai macam data penting. Cara untuk memindahkannya sendiri juga tergolong mudah.  Sehingga, tidak perlu khawatir kesulitan ketika mencoba cara memindahkan aplikasi dari HP ke laptop dibawah ini.

Setidaknya ada lima metode yang bisa dilakukan, Anda tinggal menyesuaikan kebutuhan saja. Penjelasan dibuat seringkas mungkin supaya lebih mudah dipahami.

Jika sudah tahu cara memindahkan aplikasi yang ada di HP ke laptop, ke depannya tidak akan bingung lagi ketika ingin melakukannya. Pengguna bisa memindahkan aplikasi untuk berbagai keperluan tertentu.

Cara Memindahkan Aplikasi dari HP ke Laptop Anti Ribet

  1. Memanfaatkan Layanan Cloud

Cara Memindahkan Aplikasi dari HP ke Laptop secara Gampang
Sumber gambar: nesabamedia

Layanan cloud storage bisa dimanfaatkan untuk memindahkan aplikasi yang ada di HP ke laptop. Cara ini cukup mudah karena dengan tinggal melakukan mengunggah file aplikasi yang ada di HP ke aplikasi ataupun web layanan cloud. Setelah itu, buka layanan cloud tersebut di browser laptop dan unduh file aplikasi yang sudah diupload sebelumnya,

Terdapat berbagai layanan cloud yang bisa digunakan untuk hal ini. Layanan cloud ini ada yang gratis dan berbayar. Pengguna bebas memilih layanan cloud sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

  1. Memanfaatkan Fitur Inbox Di Aplikasi Chat

Selain untuk mengirim pesan, aplikasi chat ternyata bisa digunakan untuk memindahkan aplikasi yang ada di HP ke dalam laptop. Hal ini dikarenakan layanan aplikasi chat di HP sudah bisa di browser laptop dengan metode verifikasi.

Caranya sendiri juga cukup mudah, cukup kirim file aplikasi melalui inbox layanan chat di HP. Setelah itu, buka layanan chat tersebut di browser laptop dan unduh file aplikasi yang sudah dikirim.

  1. Memanfaatkan Fitur Bluetooth

Cara Memindahkan Aplikasi dari HP ke Laptop secara Gampang
Sumber gambar: gaptogeek

Penggunaan Bluetooth menjadi salah satu cara memindahkan Aplikasi dari HP ke laptop secara mudah. Pastikan HP dan laptop sudah memiliki fitur Bluetooth. Jika sudah, sambungkan Bluetooth HP dan laptop agar keduanya bisa saling mengirim dan menerima file. Pastikan Bluetooth di HP dan laptop benar-benar tersambung dengan baik agar bisa digunakan untuk mengirim dan menerima file.

Setelah itu, kirim file aplikasi di HP ke alamat Bluetooth laptop yang menjadi tujuannya. Akan ada notifikasi penerimaan file di laptop. Pilih opsi ‘ok’ untuk menerimanya. Tunggu proses pengirimannya sampai selesai.

  1. Cara Memindahkan Aplikasi via Shareit

Cara Memindahkan Aplikasi dari HP ke Laptop secara Gampang
Sumber gambar: tekno

Shareit adalah salah satu software sharing file dengan fitur wireless paling populer sekarang ini. Bukan hanya memungkinkan transfer file dari ponsel ke ponsel, melainkan juga bisa dari hp ke laptop atau sebaliknya. Cara ini tentu lebih mudah dan praktis, karena tidak membutuhkan kabel data.

Pastikan laptop dan HP sudah sama-sama terinstall Shareit. Caranya cukup mudah. Kirimkan file aplikasi di HP melalui sotware tersebut ke perangkat laptop. Jika di laptop terdapat notifikasi, pilih ‘ok’ dan tunggu prosesnya sampai selesai.

 

  1. Memanfaatkan Kabel Data bawaan HP

Mengirim aplikasi dari HP ke laptop bisa menggunakan kabel data. Cukup sambungkan kabel data dari HP ke laptop. Setelah HP terdeteksi di laptop, cari file aplikasi yang ingin dipindahkan. Klik kanan dan pilih opsi ‘move’. Paste file tersebut dalam direktori penyimpanan yang ada di laptop.

Itu tadi keempat cara memindahkan aplikasi dari HP ke laptop secara gampang dan simpel. Cara ini juga bisa digunakan untuk memindahkan aplikasi yang ada di laptop ke HP. Hal ini membuat keempat cara di atas tergolong fleksibel karena bisa melakukan perpindahan aplikasi dari perangkat manapun baik dari HP atau laptop.