Jangan Lakukan! Inilah Hal yang Bikin Laptop Kamu Lemot Parah

Halo sobat teknohits di manapun kamu berada. kembali lagi bersama mimin disini yang akan selalu memberikan info menarik seputar dunia teknologi dan pada kesempatan kali ini mimin akan mengulas cara mengatasi laptop lemot anti gagal. cara ini bisa kamu lakukan jika kamu merasa laptop kamu selama ini kurang cepat alias lemot. 

1. Jangan Membuat Penyimpanan Menjadi Terlalu Penuh

Saat kamu membeli laptop baru mungkin rasanya sangat bernafsu untuk menginstall banyak aplikasi menarik seperti edit video, game dan sebagainya. Hasilnya kamu tidak memperhatikan total ruang penyimpanan yang terdapat di laptop. Selain aplikasi beberapa media penyimpanan lain seperti dokumen, video atau foto juga bisa membuat penyimpanan menjadi penuh.

Semakin penuh ruang penyimpanan maka akan bikin kinerja laptop menjadi semakin lambat. Untuk itu kamu perlu untuk perhatikan penggunaan kapasitas dari ruang penyimpanan laptop kita.

2. Gunakan Cooling Pad

Laptop yang terlalu panas atau overheat dapat menurunkan kinerja laptop dan pada akhirnya akan membuat laptop lemot. Sebetulnya, laptop sudah mempunyai kipas untuk mengurangi panas yang berlebih. Akan tetapi untuk hasil yang lebih maksimal kamu dapat memakai tambahan cooling pad.

Thermal paste pula sangat berpengaruh pada suhu laptop. Bila sejak pertama membeli laptop kamu belum pernah mengganti thermal paste, terdapat baiknya untuk segera memeriksa apakah thermal sudah kering atau belum. Bila ternyata thermal paste sudah kering, silahkan lakukan penggantian agar suhu laptop tidak cepat panas.

3. Install Ulang Windows

Jika semua cara di atas masih belum berhasil, terdapat kemungkinan permasalahan laptop yang bersumber pada sistem Windows. Umumnya OS Windows memang sering mengalami masalah yang menyebabkan laptop menjadi lemot, salah satu misalnya file system yang corrupt.

Untuk itu, install ulang merupakan sebuah langkah yang tepat dilakukan untuk memperbaiki lemot laptop. Dengan melakukan install ulang Windows, laptop kamu akan seperti laptop baru. Karena aplikasinya masih standar bawaan Windows, performa laptop juga cenderung cepat.

Tinggalkan komentar