Cara Memindahkan File dari Laptop ke HP dengan Cepat
Sumber gambar: gadget tren

4 Cara Memindahkan File dari Laptop ke HP dengan Cepat

Perkembangan teknologi membawa kemudahan dalam berbagai hal seperti proses pemindahan file untuk laptop dan HP. Pengguna kedua perangkat tersebut wajib mengetahui bagaimana cara memindahkan file dari laptop ke HP. Sebab, hal ini penting sebagai langkah antisipasi kehilangan file atau sebagai backup file.

Sama seperti perangkat elektronik lainnya, laptop juga bisa mengalami kerusakan atau error karena berbagai macam hal. Baik itu virus, sampah file yang membuatnya lemot dan masih banyak lagi. Memindahkan file juga berguna untuk membuka file tersebut agar lebih mudah, karena langsung dari ponsel tanpa harus membuka PC.

Perhatikan beragam cara memindahkan file dari laptop ke HP berikut ini agar tidak akan bingung lagi ketika ingin melakukannya sendiri.

Cermati Cara Memindahkan File dari Laptop ke HP

 

  1. Memindahkan File menggunakan USB OTG

Memindahkan File menggunakan USB OTG
Sumber gambar: info kekinian

USB OTG adalah converter yang menyambungkan USB Type-A pada laptop dan USB Type-C atau Micro-USB pada HP. Cara untuk memindahkan file dari laptop ke HP menggunakan USB OTG juga cukup mudah. Sambungkan perangkat flashdisk ke laptop. Salin atau pindahkan file dari laptop ke flashdisk. Setelah itu pasang flashdisk ke USB OTG agar bisa disambungkan ke HP.

 

Setelah flashdisk sudah terpasang, sambungkan USB OTG ke HP. Pastikan USB OTG cocok dengan konektor USB bawaan HP yang biasanya berupa Type-C atau Micro-USB. Setelah disambungkan, biasanya akan muncul notifikasi bahwa USB OTG sudah tersambung di HP. Bukalah file manager di HP untuk mencari dan memindahkan file di USB OTG ke dalam HP.

 

  1. Memindahkan File menggunakan Bluetooth

Memindahkan File menggunakan Bluetooth
Sumber gambar: opikini

Cara memindahkan file dari laptop ke HP bisa juga menggunakan Bluetooth.

– Pastikan Bluetooth di HP dan laptop sudah terhubung atau paired.

– Cari file yang ingin dikirimkan dari explorer. Pengguna bisa memilih satu persatu atau semuanya dengan menekan tombol ‘ctrl’ + A.

– Kemudian klik kanan pada file tersebut, pilih opsi ‘Send To’,

– klik ‘Bluetooth’

– Akan ada notifikasi penerimaan file di HP dan klik ‘ok’.

 

  1. Cara Memindahkan File menggunakan Cloud Storage

Memindahkan File menggunakan Bluetooth
Sumber gambar: windows ku

Cloud storage menjadi salah satu cara memindahkan file dari laptop ke HP dengan mudah. Pastikan layanan cloud storage yang digunakan di HP dan laptop sama. Selain itu, pastikan juga cloud storage di kedua laptop dan HP terhubung dengan akun yang sama.

 

– Bukalah layanan cloud storage di laptop.

– Pilih fitur ‘upload’ dan klik opsi ‘browse file’.

– Cari file yang ingin dipindahkan dari laptop di explorer.

– Setelah ketemu, klik file tersebut dan pilih opsi ‘upload’. Tunggu proses upload file ke cloud storage sampai selesai.

– Kemudian, buka layanan cloud storage tersebut di HP dan unduh file yang telah diunggah dari laptop.

 

  1. Memindahkan File menggunakan Kabel Data HP

Memindahkan File menggunakan Bluetooth
Sumber gambar: gadgetren

Kabel Data bawaan HP bisa juga digunakan untuk memindahkan file dari laptop ke HP. Caranya sendiri cukup mudah. Sambungkan HP ke laptop dengan kabel data. Pastikan HP sudah terhubung di laptop sehingga muncul drivenya.

Cari file yang akan dipindahkan di explorer. Setelah itu, klik kanan dan pilih opsi ‘move’ atau ‘copy’. Paste file tersebut di drive HP yang sudah terhubung di laptop.

Itulah beragam cara memindahkan file dari laptop ke HP dengan cepat. Hal ini bermanfaat jika ada keperluan tertentu yang mengharuskan pengguna memindahkan file dari laptop ke HP.

Cara-cara ini bisa dilakukan untuk mengantisipasi keperluan tersebut. Selain itu, cara-cara di atas juga bisa dilakukan untuk memindahkan file dari HP ke laptop