Cara Memindahkan Foto dari iPhone ke Laptop dengan Mudah

Terkadang foto di iPhone perlu dipindahkan ke laptop untuk berbagai keperluan penggunanya, seperti editing. Meskipun cara memindahkan foto dari iPhone ke laptop tergolong mudah dan praktis, namun bagi pengguna baru itu tergolong susah dan merepotkan. Bagi Anda yang merasa demikian, mari kita simak bersama bagaimana langkah-langkah berikut ini.

Perlu Anda ketahui, bahwasannya untuk mengirim file dari iPhone ke laptop terdiri dari dua opsi. Yaitu menggunakan perangkat hardware dan layanan cloud. Pengguna bebas memilih salah satu cara sesuai dengan keinginan sendiri.

Cara Memindahkan Foto dari iPhone ke Laptop Tanpa Ribet

Perhatikan beragam cara memindahkan Foto dari iPhone ke laptop berikut dengan baik agar bisa melakukannya secara langsung.

  1. Menggunakan USB Type Lightning

Menggunakan USB Type Lightning
Sumber gambar: kompas tekno

Cara pertama untuk memindahkan Foto dari iPhone ke Laptop adalah menggunakan kabel USB Type Lightning. Jenis kabel ini biasanya sudah disediakan dalam paket pembelian iPhone. Tipe kabel ini berbeda dengan HP merek lain karena diperuntukkan hanya untuk iPhone.

Sambungkan iPhone ke laptop dengan kabel USB Type Lighting. Setelah itu, di Iphone akan muncul notifikasi ‘Allow this device to access photos and videos’ dan tap opsi ‘Allow’. Hal ini akan membuat file iPhone bisa terdeteksi di laptop.

Untuk memindahkan foto dari iPhone ke laptop sendiri terdapat dua cara. Cara pertama menggunakan software photos bawaan laptop yang secara otomatis mendeteksi foto di iPhone yang terhubung. Proses import bisa dilakukan dengan memilih foto-foto untuk dipindahkan ke laptop.

Cara kedua menggunakan file explorer untuk memindahkan foto secara manual. Sama seperti hp lain, yakni:

– buka drive iPhone yang terhubung ke laptop pada file explorer.

– Setelah itu, buka direktori penyimpanan foto di iPhone.

– Pilih foto yang akan dipindah ke laptop.

– Klik kanan dan pilih opsi ‘move’ atau ‘copy’.

– Terakhir, paste foto tersebut di drive laptop.

 

  1. Cara Memindahkan Foto iPhone Menggunakan Layanan iCloud

Menggunakan USB Type Lightning
Sumber gambar: buka review

Penggunaan layanan iCloud menjadi salah satu cara memindahkan foto dari iPhone ke laptop dengan mudah. ICloud sendiri merupakan layanan penyimpanan clouds untuk iPhone dan perangkat Apple lain. Cara untuk menggunakannya sendiri juga mudah.

 

– Pastikan iCloud photo library sudah diaktifkan. Dengan begitu, seluruh foto di iPhone akan terunggah secara otomatis ke dalam iCloud.

– Setelah seluruh foto di iPhone terunggah ke iCloud, bukalah website iCloud di laptop.

– Login ke ID iCloud yang sama dengan iPhone.

– Kemudian, pilih opsi ‘photos’ dan foto-foto yang terdapat di iPhone akan ditampilkan dalam iCloud.

– Pilihlah foto yang ingin dipindahkan ke laptop

– pilih opsi ‘download’. Foto yang sebelumnya hanya ada dalam iPhone akan terunduh di laptop.

 

  1. Menggunakan Layanan Cloud lain

Menggunakan Layanan Cloud lain
Sumber gambar : gits.id

Selain iCloud terdapat layanan clouds lain yang dapat digunakan untuk memindahkan foto iPhone ke laptop. Pengguna bisa memilih sesuai dengan keinginan masing-masing. Beberapa rekomendasi terbaik seperti Dropbox,iFiles, dan File Master.

Cara menggunakannya hampir sama seperti iClouds. Hanya saja, untuk proses backup memerlukan aplikasi layanan Clouds tersebut di iPhone. Unduh dan pasang aplikasi layanan clouds ke iPhone. Setelah itu unggah foto ke layanan clouds tersebut. Buka website layanan clouds di laptop dan unduh foto yang sudah diupload sebelumnya,

Itu ketiga cara memindahakan foto dari iPhone ke Laptop dengan mudah. Dengan memanfaatkan hardware berupa kabel lightning dan software berupa iCloud, foto di iPhone bisa dipindahkan ke laptop. Cobalah untuk melakukan cara-cara di atas mulai dari sekarang. Jika sudah terbiasa, ke depannya tidak bingung lagi memindahkan foto iPhone ke laptop masing-masing.

Tinggalkan komentar