Panduan Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows 10 untuk Gaming

Bermain game menjadi kegiatan seru saat waktu senggang. Meski bermain di ponsel itu mudah dan seru, namun tetap saja lebih puas bermain game menggunakan laptop. Sayangnya, tidak semua laptop support dan lancar jaya ketika dipakai bermain game. Tenang, karena masih ada solusi yaitu menerapkan cara mempercepat kinerja laptop windows 10 untuk gaming.

Tidak perlu keluar budget sangat banyak dengan membeli laptop gaming, karena laptop windows 10 pun sebenarnya bisa dioptimalkan. Saat istirahat kerja atau saat libur kerja namun tidak mempunyai agenda keluar rumah, bermain game bisa menjadi pilihan supaya tidak bosan.

Namun ingat, tips dan trik dibawah ini hanya untuk memaksimalkan performanya. Jangan terlalu memaksakan laptop dengan bermain game-game berat. Tetap perhatikan spesifikasi laptop juga ya.

Begini Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows 10 untuk Gaming

  1. Driver harus diupdate

Driver harus diupdate
Sumber gambar: if kobou

Langkah awal supaya laptop windows 10 optimal untuk bermain game adalah melakukan update pada driver. Dengan driver windows terbaru, maka laptop Anda bisa digunakan untuk menjalankan game yang nantinya Anda install di laptop.

Anda bisa mengunduh driver windows 10 terbaru di situs web resmi dari produsen hardware yang Anda gunakan. Situs web resmi biasanya rutin mengupdate versi terbaru dan selalu ada perbaikan bug dalam driver windows tersebut.

  1. Memasang VGA

Cara mempercepat kinerja laptop windows 10 untuk gaming selanjutnya adalah Anda harus memasang VGA pada laptop Anda. VGA merupakan komponen utama yang dibutuhkan agar laptop bisa digunakan untuk bermain game.

Harga VGA terbilang mahal namun jika Anda memiliki budget berlebih bisa mencoba memasang VGA ke laptop Anda. Karena VGA wajib dimiliki bagi Anda yang menginginkan bermain game dengan konfigurasi yang tinggi.

  1. Windows harus diupdate

Windows harus diupdate
Sumber gambar: winpoin

Jika ingin bermain game di laptop windows 10, Anda harus rutin update windows laptop Anda supaya kinerja game yang Anda jalankan dapat maksimal. Windows yang update selalu melakukan perbaikan-perbaikan dari versi sebelumnya.

Perbaikan yang dilakukan biasanya perbaikan berupa bug, peningkatan keamanan, hingga peningkatan kinerja. Sehingga sistem operasi Anda harus selalu diupdate dan jangan pernah mengabaikan jika ada update yang terbaru.

  1. Cara Mempercepat Kinerja Dengan Mengaktifkan game mode

Cara keempat ini merupakan salah satu cara mempercepat kinerja laptop windows 10 untuk gaming yang mudah dilakukan dan gratis. Supaya kinerja windows 10 lebih cepat untuk digunakan bermain game, maka Anda harus mengaktifkan mode game.

Cara mengaktifkan mode game tersebut adalah dengan menekan tombol Win + I di keyboard laptop Anda lalu ketikkan Game Mode do bagian kolom pencarian kemudian aktifkan. Cara lainnya yaitu dengan menekan tombol Win + G di keyboard laptop kemudian aktifkan setelah muncul jendela game mode.

  1. Laptop diupgrade ke SSD

Laptop diupgrade ke SSD
Sumber gambar: imaginer amatir

Performa SSD (Solid-state drive) dipercaya lebih cepat daripada performa HDD (Hard Disk Drive). SSD menyimpan data dalam bentuk elektronik dan berbeda dengan cara penyimpanan data yang dilakukan oleh HDD. HDD menyimpan data lebih lambat daripada SSD karena HDD menyimpan dalam memori fisik dan disk berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi.

Dengan cara penyimpanan data yang dilakukan oleh SSD, game bisa dimuat lebih cepat sehingga penggunaan SSD lebih direkomendasikan jika ingin game berjalan lebih optimal di lapyop windows Anda.

Kelima cara mempercepat kinerja laptop windows 10 untuk gaming dapat Anda terapkan di laptop Anda supaya tidak perlu mengeluarkan budget yang sangat banyak. Tidak perlu membeli laptop khusus gaming karena dengan laptop windows 10 pun bisa dioptimalkan dengan mengikuti cara-cara yang telah disebutkan di atas.

Tinggalkan komentar