Galaxy S22, Motorola Edge X30, dan Realme GT 2 Pro Meluncur Akhir Tahun

Memasuki akhir tahun 2021 perusahaan teknologi besar dunia telah mempersiapkan beberapa produk smartphone mereka untuk dirilis akhir tahun ini atau awal tahun depan. Ponsel yang dimaksud adalah Samsung Galaxy S22, Motorola Edge X30, dan Realme GT 2 Pro.

Menurut informasi bocoran spesifikasinya yang telah beredar secara online, Samsung Galaxy S22 akan mempunyai tiga lensa kamera di belakang dengan lensa utama 50 MP, sensor 1/1,57 inci dan aperture f/1.8. Dua lainnya yaitu lensa ultra-wide 12 MP 1/2,55 inci, dan telefoto 10 MP.

Susunan kamera itu pula sudah dipasang pada model Samsung Galaxy S22 Plus. Sedangkan di bagian depannya, dipasang kamera berlensa 10 MP. Akan tetapi, Galaxy S22 dan Galaxy S22 Plus diperkirakan akan memperoleh zoom optik dengan perbesaran 3x pada bagian itu, bukan zoom digital seperti pada seri Galaxy S21.

Bocoran lainnya, untuk model Galaxy S22 Ultra akan mempunyai kamera utama dengan lensa 108 MP, ultra-wide 12 MP, telefoto 10 MP. Model ini akan sama dengan varian vanila dan Plus, dipasangi chip terbaru Qualcomm, Snapdragon 8 Gen 1, khusus untuk yang dipasarkan di India–karena biasanya Samsung juga akan hadirkan versi chip sendiri, Exynos.

Versi reguler dari flagship Samsung ini diharapkan datang dengan layar ukuran 6 inci, sedang model Plus menampilkan layar 6,55 inci. Ponsel diperkirakan akan dirilis pada Februari 2021 setelah peluncuran Galaxy S21 FE seperti yang juga telah banyak diperbincangkan.

Motorola disebutkan akan mengumumkan dua smartphone andalan baru di Cina pada Desember ini. Keduanya akan memiliki nomor model XT2175-2 dan XT2201-2 sebagai sebutan model internal mereka. Ada spekulasi bahwa kedua smartphone ini adalah Motorola Edge S30 dan Motorola Edge 30 Ultra alias Motorola Edge X30.

Motorola Edge S30 mungkin memiliki desain dan spesifikasi yang sama dengan Moto G200—yang diluncurkan awal bulan ini. Sebuah unggahan di Weibo oleh Chen Jin, General Manager Lenovo Mobile Business Group, menunjukkan bahwa dia menggunakan smartphone baru untuk mempublikasikan unggahannya tersebut. Sebagai catatan, Motorola kini dimiliki Lenovo.

Smartphone yang dimaksud adalah Motorola Edge X30, yang mungkin diluncurkan secara global sebagai Motorola Edge 30 Ultra. Unggahan Jin menyebutkan smartphone Motorola yang ia gunakan akan mendapatkan perlindungan Corning Gorilla Glass untuk panel kaca depan dan belakang.

Jin juga mengklaim prosesor baru di smartphone andalannya itu memiliki performa yang mumpuni. Selain itu, ia menyebutkan Motorola Edge X30 juga akan hadir dengan banyak fitur baru dan akan menjadi smartphone pertama dengan MyUI 3.0.

Digital Chat Station isyaratkan beberapa spesifikasi utama Motorola Edge S30. Platform itu sebutkan jika ponsel akan datang dengan layar LCD berukuran 6,78 inci dengan refresh rate 144Hz, serta kemas Snapdragon 888 Plus, dan baterai 4.700mAh didukung pengisian cepat 33W. Lainnya yaitu mempunyai kamera belakang utama 108 MP, ketebaLannya 8,8 mm dan berat sekitar 202 gram.

Terdapat juga Realme GT 2 Pro yang akan diluncurkan sebagai ponsel unggulan paling premium dari merek tersebut. Founder dan CEO Realme, Sky Li, menggoda ponsel baru itu, dan sebutkan sebagai ponsel pertama dan paling premium perusahaan hingga saat ini. Ponsel Realme yang akan datang akan ada di seluruh dunia.

Terlepas dari namanya, Realme belum mengungkap detail apapun tentang Realme GT 2 Pro. Smartphone ini diperkirakan akan ditenagai chip Snapdragon 8 Gen1, dipasangkan dengan RAM LPDDR5 dan penyimpanan UFS 3.1.

Sky Li pada 29 November unggah di akun Twitter-nya untuk mengkonfirmasi keberadaan Realme GT 2 Pro. Unggahan tersebut tidak membocorkan banyak informasi tentang smartphone ini, akan tetapi seperti yang disebutkan ponsel akan jadi smartphone andalan baru.

Selain itu, dilaporkan juga bahwa ponsel ini mencetak skor 1.025.215 poin di AnTuTu. Daftar situs web duga RAM LPDDR5 12 GB dan penyimpanan UFS 3.1 512 GB diusung Realme GT 2 Pro.

Tinggalkan komentar