Cara Mudah Mengatasi Kontak WhatsApp Hilang Tiba-Tiba

Cara Mudah Mengatasi Kontak WhatsApp Hilang Tiba-Tiba

Whatsapp menjadi satu aplikasi terbaik yang banyak digunakan pengguna smartphone untuk membalas pesan secara instan. Bukan hanya mudah untuk digunakan, whatsapp juga memiliki banyak sekali fitur yang dapat dimanfaatkan pengguna karena sangat menarik. 

Akan tetapi. Meski begitu, aplikasi yang telah dibangun oleh Meta (sebelumnya bernama Facebook), terkadang memiliki beberapa masalah yang sering muncul di aplikasi, salah satunya yaitu kontak yang tiba-tiba menghilang.

Hal tersebut membuat pengguna WhatsApp bingung dan kesulitan saat mau menghubungi kontak tertentu yang sebelumnya sudah disimpan di WhatsApp pengguna. Kontak yang tiba-tiba hilang di WhatsApp kamu pada umumnya terjadi saat pengguna memindahkan akun ke ponsel baru, atau saat me-restart aplikasi WhatpsApp.

Bersihkan Cache untuk Mengembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang

Salah satu cara yang bisa kamu pakai yaitu dengan cara untuk kembalikan kontak di WhatsApp kamu yang menghilang adalah dengan membersihkan cache. Karena biasanya, cache yang ada di ponsel pengguna bisa bikin kontak kamu tidak terbaca di aplikasi.

  • Untuk bersihkan cache, kamu bisa buka menu Setting di ponsel kamu dan pilih menu Pengaturan Application.
  • setelah itu, gulir ke bawah dan cari aplikasi WhatsApp di dalam menu tersebut. Klik ikon WhatsApp dan pilih opsi Apps Info.
  • Kamu akan diberi sejumlah pilihan pada menu di layar smartphone. Berikutnya, pilih menu Force Stop untuk lanjutkan sebuah proses penghapusan cache.
  • Pada bagian berikutnya, kamu bisa memilih menu Clear Cache, untuk menghapus cache di dalam aplikasi WhatsApp kamu agar enggak ganggu kinerja aplikasi.

Aturlah Penyimpanan Lebih Lega

  • Setelah melakukan langkah di atas, pengguna dapat me-restart ponsel kamu dan cek kembali aplikasi WhatsApp kamu, apakah kontak yang sebelumnya hilang sudah kembali.
  • Bila langkah itu tidak berhasil, kamu dapat singkronkan akun WhatsApp kamu dengan akun Gmail yang digunakan untuk menyimpankan data WhatsApp di Google Drive.
  • Akan tetapi, kamu bisa menyinkronkan data di WhatsApp berdasarkan terakhir kali kamu cadangkan data WhatsApp kamu di Google Drive. Oleh karenanya, kamu harus mencadangkan WhatsApp kamu secara rutin.
  • Itu tadi cara yang bisa kamu lakukan untuk kembalikan kontak WhatsApp yang menghilang dari akun WhatsApp kamu secara tiba-tiba.