Hacker Game Online Untung Rp5.216 Triliun, Bagaimana Caranya?

Hacker Game Online Untung Rp5.216 Triliun, Bagaimana Caranya?

Bila berbicara mengenai hacker pasti dalam kepala kalian selalu terbesit sebuah kejahatan peretasan tanpa ijin untuk merusak atau mengambil alih sebuah sistem atau akun untuk diperbuat hal yang negatif. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar dan juga tak sepenuhnya juga salah.

Namun, ada juga pria yang menjadi seorang hacker karena diawali dengan hobi bermain game online, ya. Mungkin bermain game online bagi sebagian orang hanya sekedar hiburan melepas penat semata, namun tidak untuk pria ini yang meraih keuntungan ribuan triliun dengan melakukan hacking di beberapa video game yang ia mainkan.

Pria ini menamakan dirinya Manfred sebagai nama samaran. Ia mengaku kalau ia sudah melakukan pekerjaan tersebut (hacking) selama kurang lebih 20 tahun dan sudah memiliki kekayaan sampai Rp5.216 Triliun. Tentu saja uang tersebut sangat besar dan sampai ia dikenal dunia.

Ia mengatakan kalau modus operasinya yaitu sedikit merubah dari satu permainan ke permainan lainnya. Namun, intinya terdiri dari permainan menipu untuk memberinya barang atau mata uang yang tidak memiliki hak untuk dimilikinya.

Lalu Manfred akan menjual barang-barang tersebut dan mata uang itu kepada pemain lain atau partai besar mereka ke pasar online, seperti Internet Game Exchange yang kemudian akan menjual barang-barang itu kepada pemain individual.

Pada nilai tukar saat ini, Manfred memperkirakan dia memiliki emas WildStar senilai USD397 triliun. Ini jelas merupakan angka yang aneh, namun intinya pendapatan tersebut hanya dibatasi oleh pasar real-life untuk mata uang dalam game.

Tak seperti kebiasaan hacker lainnya, Manfred tidak menipu untuk mendapatkan keuntungan dari lawan-lawannya. Dia meng-hack permainan karena ia menjadikan hal ini sebagai pekerjaan penuh waktu.

Awal karirnya sebagai hacker pada 1997, Manfred memulai dengan Ultima Online, salah satu game multiplayer online pertama. Manfred mengatakan bahwa ia telah menemukan cara untuk meng-hack game tersebut guna mengumpulkan mata uang virtual atau barang yang kemudian dia jual secara grosir di eBay dan di pasar online China.

Tak hanya Ultima Online, Manfred juga mengatakan ia menemukan cara untuk hack video game lain yakni Lineage 2, Shadowbane, Final Fantasy XI, Dark Age of Camelot, Lord of The Rings Online, RIFT, Age of Conan, Star Wars New Republic , Guild Wars 2, dan lain-lain.

Setelah 20 tahun berkarir menjadi hacker, kini Manfred telah bekerja di sebuah perusahaan konsultan. Ia berharap, kini produsen video game lebih mengetatkan pengamanan, sebab tak sulit baginya atau para hacker lainnya untuk keluar dan masuk meng-hack game tersebut