Terkuak! Ini Alasan WhatsApp Batasi Penampakan Status Online Pengguna

Tentu kamu sudah tahu jika aplikasi whatsapp telah merilis fitur terbaru mereka yang akan menggulirkan setelan privasi baru yang akan sembunyikan status ‘last seen’ pengguna aplikasi whatsapp dari pengguna lain atau yang belum pernah terdapat chat dalam Aplikasi tersebut.

Sebelumnya, WhatsApp akan bikin fitur itu aktif secara default untuk ‘Everyone’, memungkinkan setiap orang yang terdapat di WhatsApp untuk dapat melihat status pengguna yang lain. Pembaruan WhatsApp tersebut telah membatasi penampakan status tersebut cuma kepada orang-orang yang memang telah ditambahkan oleh penggunanya untuk dapat melihat dan ubah mengatur fitur secara default kepada ‘My Contacts’.

Settingan baru itu di antaranya terungkap dalam sebuah unggahan di Twitter pada Selasa sepekan lalu, 7 Desember 2021. Seorang pengguna menerangkan pembaruan itu kepada pengguna lain yang menanyakan jika ia sudah tidak lagi dapag melihat status ‘last seen’ orang lain meski aplikasinya tampak normal.

Dijelaskan jika pengguna memang tak akan dapat kembali melihat status orang lain. Penjelasan menyertakan sebuah email yang kelihatannya berasal dari WhatsApp.

Sebelumnya, WhatsApp telah sediakan opsi ‘My Contacts’ untuk status ‘last seen’, tapi tak menjadi default. Penting juga perhatikan kalau WhatsApp telah . Mempunyai sebuah opsi ‘Nobody’ di sana yang dapat mencegah seluruh pengguna melihat status orang lain sesama pengguna.

Status di WhatsApp mungkinkan orang lain tahu kapan kamu terakhir kali online, atau apakah kamu sedang menggunakan aplikasi itu. Fitur ini dapat bermanfaat untuk melacak teman atau kerabat, atau sebaliknya, tetapi WABetaInfo telah ditunjukkan jika beberapa aplikasi pihak ketiga ternyata mengeksploitasi fitur itu.

Aplikasi-aplikasi itu dapat mengumpulkan status sejumlah pengguna, yang memampukan mereka sedikit lebih dekat dengan orang lain yang jadi pengguna di platform yang sama. menyenangkan opsi ‘My Contacts’ mencegah aplikasi pihak ketiga lakukan itu karena aplikasi menganggap aplikasi itu sebagai bagian dari kontak kamu, dan karenanya tidak akan mampu melihat status kamu.

Itu bukanlah satu-satunya sebuah perubahan yang dibuat WhatsApp terhadap status ‘last seen’. Pada pada bulan lalu, WABetaInfo telah temukan kalau aplikasi perpesanan milik Meta—induk Facebook—ini juga mulai uji sebuah opsi yang disebut ‘My Contacts Except…’ Opsi ini bikin pengguna menyembunyikan statusnya bahkan dari beberapa orang dalam kontaknya.