Cara Backup Kontak Android ke Google Drive Dengan Mudah
Sumber gambar: rancah post

Cara Backup Kontak Android ke Google Drive Dengan Mudah

Fungsi utama dari HP adalah sebagai alat komunikasi dengan orang yang lokasinya jauh. Namun, untuk bisa terhubung kita diharuskan punya nomor kontak mereka.  Nomor ini sendiri biasanya disimpan di HP dan masuk langsung ke dalam menu Kontak.

Sementara untuk penyimpanannya sendiri bermacam-macam, bika disimpan di kartu SIM, memori internal, maupun memori eksternal HP. Kontak yang sudah disimpan bisa saja hilang karena beberapa faktor.

Untuk mengantisipasi kehilangan kontak tersebut, Anda perlu melakukan backup data. Salah satunya yakni membackup atau mencadangkan data kontak ke Google Drive. Lantas, bagaimana cara backup kontak android ke Google Drive tersebut? Informasi selengkapnya bisa Anda simak si bawah ini!

Cara Backup Kontak Android ke Google Drive

Cara Backup Kontak Android ke Google Drive
Sumber gambar: foldertips

Setidaknya ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk membackup data kontak di HP android ke penyimpanan cloud Google Drive. Kedua cara tersebut sama mudahnya dilakukan, bahkan Anda yang masih awam pun bisa melakukannya. Adapun cara backup kontak android ke Google Drive selengkapnya, sebagai berikut:

1. Memanfaatkan Fitur Berbagi atau Share

Cara yang pertama untuk membackup data kontak di android ke Google Drive yakni dengan memanfaatkan fitur Share atau Berbagi. Cara ini diklaim sangat mudah, namun untuk melakukannya Anda perlu memastikan smartphone android sudah terhubung ke jaringan internet. Untuk langkah-langkah mencadangkan kontak android ke Google Drive lewat menu Kontak selengkapnya, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda hubungkan smartphone android ke jaringan internet, baik itu menggunakan data seluler ataupun jaringan Wifi.
  • Jika sudah, sekarang buka menu Kontak di HP android.
  • Di sana akan ditampilkan list kontak yang Anda simpan. Untuk memulai pencadangan, Anda klik ikon tiga titik vertikal di bagian pojok kanan atas tampilan.
  • Nantinya akan muncul dua opsi, Anda klik pada opsi Berbagi atau Share.
  • Di bawah layar muncul opsi untuk berbagi Kontak, Anda pilih berbagi ke Google Drive.
  • Selanjutnya Anda beri nama pada file Kontak yang akan dibackup tersebut. Jangan lupa juga untuk memilih akun Google Drive jika memang di HP Anda login dengan beberapa akun Google.
  • Kalau sudah, klik tombol Simpan. Sekarang Anda sudah berhasil mencadangkan data kontak di android ke Google Drive.

2. Backup Kontak Lewat Menu Pengaturan

Backup Kontak Lewat Menu Pengaturan
Sumber gambar : leskompi

Cara yang kedua ini bisa Anda lakukan melalui menu Pengaturan di HP android, lebih tepatnya melalui opsi Pencadangan. Cara ini tidak hanya akan menyimpan data kontak saja, melainkan semua data penting lain di HP android. Mulai dari histori panggilan dan SMS, note, file media, dan lain sebagainya.

Berikut ini langkah-langkah backup data kontak dan data penting lainnya di android ke Google Drive, yakni:

  • Pertama Anda hubungkan HP android ke jaringan internet.
  • Sekarang Anda masuk ke menu Pengaturan.
  • Kemudian klik pada opsi Akun dan Pencadangan.
  • Selanjutnya masuk ke opsi Pencadangan dan Pemulihan.
  • Untuk mengaktifkan pencadangan otomatis, Anda klik Cadangkan Data Saya lalu aktifkan tombol slidernya. Jangan lupa memilih akun Google Drive yang ingin dijadikan tempat penyimpanan data melalui opsi Backup Akun.
  • Jika ingin melakukan pencadangan secara manu, maka bisa masuk ke opsi Akun Google. Kemudian aktifkan tombol slider di bagian Cadangkan ke Google Drive. Selanjutnya pilih akun Google Drive melalui opsi Akun dan klik Cadangkan Sekarang untuk memulai proses pencadangan data secara manual.

Itulah tadi dua cara backup kontak android ke Google Drive yang mudah bisa Anda terapkan sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat.