salah satu latar belakang peran indonesia dalam lingkungan negara-negara asean adalah

salah satu latar belakang peran indonesia dalam lingkungan negara-negara asean adalah

A. melaksanakan amanat pembukaan UUD 1945 alinea keempat

B. melaksanakan amanat pembukaan UUD 1945 alinea kedua

C. mempunyai modal pertahanan yang terkuat di wilayah Asia Tenggara

D. mempunyai modal bidang ekonomi untuk lintas negara ASEAN

Yang menjadi salah satu alasan kuat dari keterlibatan Indonesia dalam lingkungan negara-negara ASEAN adalah (A) melaksanakan amanat pembukaan UUD 1945 alinea keempat.

 

Pembahasan

Pilihan (A) benar karena melalui ASEAN, Indonesia bisa mewujudkan hal-hal yang terdapat pada pembukaan UUD 1945 alinea keempat. Salah satunya adalah ikut menciptakan perdamaian dunia. Melalui ASEAN, Indonesia bisa berkontribusi secara langsung dengan upaya-upaya nyata yang bisa mendorong terwujudnya perdamaian dunia.

 

Association of South East Asian Nations (ASEAN) adalah sebuah bentuk kerja sama regional yang dibentuk oleh negara-negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara pada tanggal 8 Agustus 1967. Indonesia juga menjadi salah satu dari negara pendiri ASEAN sehingga Indonesia memiliki peran yang cukup penting dalam kerja sama ASEAN. Indonesia melihat bahwa ASEAN bisa membantu Indonesia dalam mewujudkan apa yang menjadi cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia melalui kerja sama dan program-program yang dibuat oleh ASEAN. Selain itu, tujuan dari pendirian ASEAN juga selaras dengan cita-cita dan tujuan dari bangsa Indonesia.

Berikut adalah beberapa bentuk dari kerja sama yang sudah dilakukan oleh ASEAN:

  • ASEAN Disability Forumbentuk kerja sama ASEAN dalam bidang sosial yang dilakukan untuk memastikan bahwa kaum disabilitas yang ada di setiap negara anggota ASEAN mendapatkan hak dan akses yang sama dengan warga negara lainnya. Kerja sama ini merupakan salah satu bentuk nyata dari upaya ASEAN dalam mewujudkan keadilan sosial di setiap negara anggota ASEAN.
  • ASEAN Free Trade Areabentuk kerja sama ASEAN dalam bidang ekonomi yang dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di setiap negara anggota ASEAN. Melalui kerja sama ini, ASEAN berhasil memangkas pos tarif ekspor impor secara signifikan sehingga bisa meningkatkan aktivitas perdagangan internasional antar negara anggota ASEAN.
  • ASEAN Tourism Agreementbentuk kerja sama ASEAN dalam bidang budaya yang merupakan upaya ASEAN untuk mengembangkan dan melestarikan kebudayaan daerah yang ada di setiap negara anggota ASEAN melalui peningkatan daya tarik wisata.