Tahukah Kamu, Manusia Bernapas Lebih dari 30 Ribu Kali dalam Sehari

Salah satu cara agar bertahan hidup adalah dengan bernafas, itu berlaku untuk manusia, yang memerlukan udara agar tetap bernafas setiap hari. Bernafas sendiri sangat penting bagi diri kita terlebih bagi organ tubuh seperti jantung yang memompa darah melaui tubuh kita.

 

Namun, tahukah kamu, berapa kali manusia dapat bernafas dalam satu hari? Yuk kita bahas dibawah ini.

 

Organ tubuh yang bertanggung jawab untuk bernapas sendiri adalah paru-paru, yang merupakan bagian dari sistem pernafasan. Paru-paru berlokasi di dada Anda dan terlindung oleh tulang rusuk. Anggota tubuh itu mengambil sebagian besar ruang di rongga dada Anda bersama dengan hati. Dibawah paru-paru, Anda akan menemukan diafragma yang merupakan otot besar yang bekerja dengan paru-paru untuk membantu bernafas baik untuk menghirup maupun menghembuskan napas.

Meski Anda tidak dapat melihat paru-paru secara langsung, Anda akan merasakan keberadaannya dimana ia mengembang saat Anda bernapas dan kembali ke ukuran normal saat Anda menghembuskan napas. Jumlah setiap manusia dalam sehari sendiri dalam usia dan tingkat aktivitasnya. Anak-anak cenderung memiliki tingkat pernapasan yang lebih cepat.

Contohnya, bayi yang baru lahir lebih sering bernafas dengan jumlah sekira 30-60 kali per menit. Sedangkan balita kemungkinan bernapas 20-30 kali per menit. Anak remaja dan orang dewasa saat beristirahat, biasanya bernafas sekira 12-20 kali per menit. Artinya dalam satu hari mereka bernapas mencapai 17.000-30.000 nafas per hari atau lebih.

Tingkat pernapasan rata-rata sendiri adalah saat Anda beristirahat. Saat berolahraga atau bahkan berjalan di sekitar rumah atau sekola, tingkat pernapasan Anda naik. Sangat mungkin Anda bisa bernafas 50.000 kali atau lebih per hari jika Anda aktif.

Tinggalkan komentar