Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop Dengan dan Tanpa Aplikasi

Sebagian dari kita sering menyimpan berbagai file penting di dalam laptop. Hal ini juga sering dijadikan cara terbaik untuk menghemat ruang penyimpanan di perangkat mobile. Pasalnya, laptop umumnya dibekali dengan ruang penyimpanan yang terbilang luas. Untuk berjaga-jaga, simak yuk bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus di laptop berikut.

Tidak bisa dipungkiri, file penting di laptop bisa saja kehapus dengan sengaja atau tanpa sengaja. Jika sudah demikian, sebenarnya Anda tidak perlu merasa bingung, karena masih bisa dikembalikan seperti semula.

Akan tetapi, tidak banyak pengguna baru yang tahu cara mengembalikan file yang terhapus di laptop tersebut. Tanpa panjang lebar, mari segera disimak secara detail cara restore file tersebut.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop

Untuk bisa mengembalikan file yang sudah dihapus di laptop, setidaknya ada 2 cara yang bisa Anda lakukan. Cara pertama yakni dengan memanfaatkan fitur restore yang ada di laptop Windows. Dan cara yang kedua yakni dengan menggunakan software restore file yang sudah ada banyak jenisnya. Tinggal Anda ingin menggunakan cara mana yang dianggap paling mudah dilakukan.

Adapun cara mengembalikan file yang terhapus di laptop selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mengembalikan File Terhapus Lewat Recycle Bin

Mengembalikan File Terhapus Lewat Recycle Bin
Sumber gambar : niagahoster

Metode yang pertama untuk restore file yang sudah dihapus di laptop yakni dengan menggunakan Recycle Bin. Seperti yang kita tahu, fungsi dari Recycle Bin yang menampung file atau data yang pengguna hapus dari laptop. File akan tetap tersimpan sampai jangka waktu tertentu.

Kalau sudah melewati jangka waktu yang ditentukan, maka file yang tersimpan di Recycle Bin tersebut akan dihapus secara permanen dan Anda tidak bisa lagi melakukan pengembalian file. Adapun langkah-langkah restore file terhapus dari Recycle Bin selengkapnya, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda buka fitur Recycle Bin yang ada di layar Desktop. Klik dua kali pada icon Recycle Bin tersebut.
  • Jika jendela Recycle Bin sudah tersebut, di sana Anda akan melihat list file yang sudah pernah Anda hapus.
  • Sekarang cari file terhapus yang ingin Anda kembalikan lagi ke penyimpanan laptop.
  • Kalau sudah ketemu, sekarang Anda klik kanan pada file tersebut.
  • Akan muncul beberapa opsi di sana, Anda pilih saja opsi Restore.
  • Secara otomatis file tersebut akan kembali lagi ke lokasi terakhir saat file tersebut Anda hapus.

2. Mengembalikan File Terhapus Lewat Aplikasi Pihak Ketiga

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop Dengan dan Tanpa Aplikasi

Jika file yang terhapus sudah tidak ditemukan di Recycle Bin, kemungkinan besar file sudah terhapus secara permanen. Jika ini yang terjadi, maka Anda bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk mengambil lagi file yang terhapus tersebut. Salah satu aplikasi recovery file terbaik yang bisa Anda gunakan yakni Recuva.

Aplikasi Recuva ini sendiri tersedia dalam 2 versi yakni Recuva Free Version dan Recuva Pro. Anda download aplikasinya melalui situs resmi CCleaner di LINK INI. https://www.ccleaner.com/recuva

Jika sudah, Anda lakukan instalasi aplikasi Recuva tersebut dan langsung jalankan jika sudah berhasil diinstall. Untuk melakukan restore file terhapus, Anda lakukan Scanning terlebih dahulu dari aplikasi Recuva. Mungkin ini akan membutuhkan waktu cukup lama, tergantung banyaknya file yang tersimpan di laptop. Jika sudah, maka Anda bisa mencarinya dan langsung restore file tersebut.

Itulah tadi cara mengembalikan file yang terhapus di laptop paling mudah dan praktis bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan komentar