jelaskan pengertian gejala sosial

jelaskan pengertian gejala sosial

jawaban

{ Gejala Sosial adalah sebuah/sesuatu masalah sosial yang timbul di masyarakat dan mempengaruhi masyarakat lainnya dan juga mempengaruhi lingkungan sekitarnya }

semoga membantu dan selamat belajar

Gejala sosial adalah fenomena yang menandai (symptom) munculnya permasalahan sosialdi masyarakat.

Penjelasan:

Pengertian umum ini diadopsi ilmu alam untuk di terapkan dalam ilmu sosial khususnya sosiologi. Emile Durkheim adalah tokoh sosiologi klasik yang mempopulerkan gejala sosial sebagai objek kajian sosiologi. Durkheim menyebutnya sebagai fakta sosial. Dalam bukunya ’Suicide: A Study in Sociology’, durkheim melihat fenomena bunuh diri sebagai fakta sosial. Masalah sosial yang muncul adalah rendahnya solidaritas sosial anggota komunitas yang sedang diteliti.

Apa yang dimaksud dengan gejala sosial adalah:

Gejala sosial merupakan sebuah bentuk dari fenomena yang dimana akan muncul dengan ditandainya sebuah permasalahan sosial yang dimana akan memberikan pengaruh dan juga akan dapat dipengaruhi terhadap sebuah tingkah laku yang dimana dimiliki oleh setiap individu yang ada di dalam lingkungan dari kehidupannya. Sebuah gejala sosial dan nuga maslaah sosial adalah dua macam hal berbeda yang dimana akan selalu berkaitan, hal itu sendiri dikarenakan ketika terjadinya sebuah benmtuk gejala  sosial yang terjadi secara terus menerus maka akan memberikan sebuah bentuk potensi yang akan menimbulkan sebuah masalah sosial yang dimana berada di dalam lingkungan masyarakat.